sveosportu.com

La Liga 2023-2024: Milik Real Madrid dan Girona

Pelatih Girona, Michel. (Dok La Liga/Yusuf/Skor.id).

- La Liga 2023-2024 telah berakhir. Real Madrid tampil sebagai juara, gelar La Liga ke-36 dalam sejarah mereka sekaligus masih sebagai rekor terbanyak yang diraih klub Spanyol di kompetisi yang juga bernama La Liga EA Sports ini.

Sepanjang musim 2023-2024 ini, di bawah asuhan Carlo Ancelotti, Real Madrid hanya mengalami satu kekalahan tepatnya saat takluk dari Atletico Madrid pada pekan ke-6, 24 September 2023 lalu.

Selebihnya, Real Madrid meraih 29 kemenangan dan 8 kali imbang, dengan mencetak 87 gol dan kemasukan 26 gol. Musim 2023-2024 memang menjadi musimnya Real Madrid.

"Kunci kesuksesan Real Madrid adalah konsistensi, itulah yang menentukan langkah mereka meraih gelar La Liga," ujar ambasador La Liga yang juga mantan bintang Real Madrid, Fernando Morientes dalam virtual Press Conference yang membahas akhir musim La Liga 2023-2024, 23 Mei 2024 lalu.

"Real Madrid mencetak gol terbanyak di La Liga dan mereka juga kemasukan paling sedikit, jadi wajar jika Rael Madrid juara. Mereka telah melakukan banyak hal dengan benar dan sangat layak untuk meraih gelar juara," Fernando Morientes menambahkan.

Musim ini memang menjadi milik Real Madrid dengan sejumlah bintangnya yang mampu bersinar. Kehadiran Jude Bellingham menjadi salah satu kunci pula bagi sukses Los Blancos.

Bntang asal Inggris ini semakin melengkapi serangan Real Madrid bersama Vinicius Junior dan Rodrygo Goes di lini depan.

Ditambah dengan Joselu, keempatnya total telah mengoleksi 54 gol untuk Real Madrid di La Liga 2023-2024. Dari jumlah tersebut, 19 gol di antaranya diciptakan Jude Bellingham sekaligus sebagai pencetak gol terbanyak Los Blancos di La Liga musim ini.

Namun demikian, musim ini bukan hanya menjadi milik Real Madrid, melainkan juga menjadi musim yang tidak akan terlupakan bagi Girona FC.

Girona Asuhan Michel Luar Biasa

Sukses Girona menjadi salah satu cerita yang menarik perhatian sepanjang musim ini. Di bawah asuhan Michel Sanchez, Girona mampu memberikan persaingan kepada dua tim besar Spanyol, Real Madrid dan Barcelona.

Meski akhirnya hanya mengakhiri musim di peringkat ketiga klasemen akhir La Liga 2023-2024, namun pencapaian tersebut menjadi sangat luar biasa. Dengan posisi tersebut (empat besar), Girona untuk pertama kalinya dalam sejarah tim ini akan tampil di ajang Liga Champions pada 2024-2025 nanti.

Posisi ketiga merupakan pencapaian tertinggi dalam 94 tahun sejarah klub dan akan bermain di Eropa untuk pertama kalinya bersama Real Madrid, FC Barcelona, dan Atlético Madrid di kompetisi klub internasional utama Eropa, Liga Champions.

"Saya selalu menyadari bahwa manajemen adalah satu hal yang sangat kompleks dan yang paling penting adalah bagaimana bisa menjangkau pemain dan membuat mereka bisa menyesuaikan diri dengan tim ini," ujar Michel.

"Kami harus menghadapi momen-momen yang sangat sulit musim ini, baik dari sisi internal maupun eksternal. Dengan para pemain, kami selalu berbicara tentang mencapai Liga Champions, tidak pernah tentang memenangkan La Lig," kata Michel lagi.

Boleh jadi, karena akan sangat sulit untuk menyaingi Real Madrid dalam meraih gelar La Liga. Karena itu, target realistis bagi Girona adalah meraih tiket Liga Champions dan mereka telah mewujudkan mimpi tersebut.

"Mengetahui bagaimana mengelola ekspektasi itu telah membantu kami untuk mencapai tujuan tersebut."

Sementara itu, Barcelona akhirnya berhasil mengakhiri musim di peringkat kedua klasemen setelah menang atas Sevilla, Senn (27/5/2024) dini hari tadi WIB.

Terkait ajang Eropa pula, dua tim asal wilayah Basque yaitu Athletic Bilbao dan Real Sociedad mewakili La Liga di Liga Europa. Kedua tim telah menjalani musim yang kuat, tetapi kali ini merupakan satu musim yang tidak akan dilupakan oleh para pendukung Bilbao.

Los Leones memenangkan Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir dan berpisah secara emosional kepada sang kapten Iker Muniain dan legenda klub Raúl García, seorang pemain dengan penampilan terbanyak ketiga dalam sejarah La Liga, setelah Andoni Zubizarreta dan Joaquin.

Dengan keberhasilan Athletic Bilbao meraih tiket Liga Europa lewat jalur Copa del Rey, maka jatah tiket Liga Europa dari peringkat klasemen diberikan kepada Real Sociedad yang ada di peringkat keenam klasemen akhir.

Sementara itu, situasi tersebut memberikan keuntungan pula bagi Real Betis yang ada di posisi ketujuh klasemen akhir. Mereka mendapatkan tiket UEFA Conference League.

Sedangkan dari aspek performa pemain, selain para pemain bintang klub besar di Real Madrid atau Barcelona, pemain seperti Alekander Sarloth juga menarik perhatian di klub Villarreal.

Namun demikian, dia harus merelakan gelar pencetak gol terbanyak kepada bintang Girona, Artem Dovbyk, yang telah mengoleksi 24 gol, unggul satu gol atas Alexander Sarloth.

Meski tidak meraih gelar pencetak gol terbanyak, namun 4 gol yang diciptakannya ke gawang Real Madrid di pekan ke-37 dalam laga yang berakhir 4-4 menjadi catatan tersendiri.

"Sørloth striker yang bisa bermain di hampir semua sistem,” ujar Diego Godín, ambasador La Liga dan mantan pemain Villarreal CF.

"Klub ini telah berkembang pesat dalam waktu yang sangat singkat. Saya memahami kesulitan yang dihadapi oleh pemain yang berada di klub dengan sumber daya yang lebih sedikit," Diego Goding menambahkan.

Sementara itu, musim yang lebih sulit bagi tiga tim Andalusia: Cádiz CF, UD Almeria, dan Granada, yang terdegradasi ke La Liga Hypermotion.

Liga Spanyol atau La Liga 2023-2024, jadwal, hasil, klasemen dan profil klub. (Zulhar Kurniawan/).

La Liga Awards

Sementara pertandingan di atas lapangan telah berakhir, para pemenang La Liga Awards akan diumumkan bersamaan dengan KAFD Globe Soccer European Awards, pada Selasa, 28 Mei di Cala di Volpe (Sardinia, Italia).

La Liga akan mempersembahkan empat penghargaan dalam kategori tahunannya: Gol Terbaik,

Pemain Terbaik, Pelatih Terbaik dan Pemain U-23 Terbaik, serta satu penghargaan khusus TOTS (Team of The Season), yang terdiri dari 15 pemain dari berbagai klub dan Penghargaan Juara La Liga 2023/24 kepada Real Madrid.

Para pemenang akan dipilih melalui sistem voting dari penggemar, kapten klub, dan panel ahli, yang merupakan puncak dari keseruan yang dihadirkan oleh La Liga musim ini.

Penghargaan Pemain Terbaik La Liga, sebuah penghargaan yang dipersembahkan oleh EA FC 24, sponsor utama kompetisi La Liga, akan diberikan kepada salah satu dari lima nama besar:

Jude Bellingham (Real Madrid), Antoine Griezmann (Atletico de Madrid), Artem Dovbyk (Girona FC), Vinicius Junior (Real Madrid) atau Isco (Real Betis).

Sedangkan untuk kategori terbaik La Liga U-23, akan diberikan kepada salah satu dari lima pemain muda berbakat: Lamine Yamal (FC Barcelona), Javi Guerra (Valencia CF), Savinho (Girona FC), Johnny Cardoso (Real Betis) atau Pau Cubarsí (FC Barcelona).

Mengomentari dua nominasi dari FC Barcelona, mantan bintang Barca dan ambasador La Liga saat ini, Javier Mascherano, menyebutkan "Pau Cubarsí merupakan anugerah yang luar biasa. Dia pemain yang tidak mengizinkan adanya kesalahan,: kata Javier Mascherano yang juga pernah menjadi bintang di Barcelona.

"Untuk menjadi seorang bek tengah, Anda harus bermain dengan konsentrasi yang sangat tinggi, dan itu tidak mudah di usianya yang sekarang. Baik dia maupun Lamine Yamal memiliki masa depan yang luar biasa di depan mereka."

La Liga 2023-2024

Juara: Real Madrid

Liga Champions 2024-2025: Real Madrid, Barcelona, Girona, Atletico Madrid

Liga Europa 2024-2025: Athletic Bilbao, Real Sociedad

UEFA Conference League 2024-2025: Real Betis

Degradasi: Cadiz, Almeria, Granada

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat