sveosportu.com

Legenda Inggris Leighton Baines Tak Bisa Lepas dari Musik

Pelatih Everton U-18, Leighton Baines, yang juga bek Timnas Inggris pada Piala Dunia 2014 memiliki passion dalam dunia musik (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

– Legenda Everton FC dan Tim Nasional Inggris, Leighton Baines, selama ini dikenal akan ketertarikannya pada dunia musik. 

Mantan pemain bertahan ini selain memiliki skill sebagai seorang gitaris juga pernah memproklamasikan dirinya sebagai “anak indie”.

Baines, yang ketika bermain di Everton dipasang sebagai bek sayap, juga bersahabat dekat dengan pentolan grup band Last Shadow Puppets, Alex Turner, serta musisi Miles Kane, yang kebetulan adalah penggemar Liverpool.

Faktanya, Baines sangat berkomitmen terhadap musik, hingga ia rela membawa gitar sebagai barang bawaannya ke Brasil saat tampil bersama Timnas Inggris di Piala Dunia 2014.

Selera musiknya juga berbeda. Ketika Baines masih aktif sebagai pemain, sebagian besar pemain Everton turun dari bus mengenakan headphone sambil mendengarkan musik R&B dan hip-hop.

Sedangkan Baines memilih mendengarkan lagu-lagu band indie terbaru. Ia berupaya membuat rekan satu timnya mendengarkan musik yang sama dengannya, namun itu bukanlah pekerjaan mudah. 

Baines mencoba memutar album favoritnya, Lonerism, yang dibawakan Tame Impala, di ruang ganti Everton, dan reaksinya jauh dari positif.

Berbicara kepada NME, Baines berkata: “Sesekali saya mendengarkan musik seperti itu di ruang ganti, tetapi sejujurnya teman-teman membencinya. Itu tidak berjalan baik.”

“Ketika orang mempertanyakan selera musik ‘pesepak bola’, reaksi kebanyakan orang adalah stereotip, R&B, dan segala hal yang menyertainya. Sebenarnya tidak selalu seperti itu,” ujarnya.

Baines tidak sendirian sebagai pesepak bola yang juga penggemar musik. Mantan pelatih Inggris dan bek Manchester United, Gary Neville, senang mendengarkan The Stone Roses dan Oasis.

Sementara rekannya dulu di Timnas Inggris, Wayne Rooney, merupakan penggemar berat Stereophonics.

Rooney bahkan memiliki salah satu judul album mereka, Just Enough Education to Perform, yang ditato pada lengannya.

Baines juga dapat menghitung beberapa musisi yang dia dengarkan sebagai teman.

Termasuk Miles Kane dan mantan vokalis Arctic Monkeys yang kini tergabung di Last Shadow Puppets, Alex Turner. 

Baines yang kini berstatus sebagai pelatih Everton FC U-18 masih mengharapkan hal-hal besar dari masing-masing album yang digarap para musisi sahabatnya itu.

“Saya sudah mengenalnya (Kane) selama beberapa tahun, kami bertemu saat menonton olahraga gulat,” ujar Baines. 

“Saya membawa putra saya, jadi itulah alasan saya. Saya pernah bergabung dengan band lamanya The Rascals, jadi saya tahu siapa dia.”

“Album berikutnya akan menjadi luar biasa, orang-orang akan menyukainya. Kane memainkan musiknya beberapa kali dan semuanya terdengar sangat bagus.” 

“Dia telah melakukan sedikit pekerjaan dengan (musisi) Paul Weller dalam hal itu, dan juga telah memproduksi sesuatu tentang hal itu,” Baines menuturkan.

Pria 39 tahun ini mengaku ketika di luar lapangan, ia tidak terlalu memikirkan sepak bola. Waktu luangnya dicurahkan untuk musik.

Musik adalah sesuatu yang bisa dijadikan pelarian. Begitu saya selesai latihan, saya tidak mau repot-repot menonton sepak bola di TV dan berita.”

“Tapi saya suka bermain serta menekuni sepak bola dan tidak akan menukarnya dengan apa pun,” Baines menegaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat