sveosportu.com

5 Legenda Diminta Menginspirasi Italia untuk Euro 2024

Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti. (M. Yusuf/Skor.id).

– Italia adalah iuara bertahan Piala Eropa setelah memenangkan trofi di bawah asuhan pelatih Roberto Mancini pada tahun 2021. Tetapi, Gli Azzurri memulai era baru pada September 2023 ketika Luciano Spalletti mengambil alih posisi pelatih.

Saat ditunjuk, Spalletti baru saja memberikan Scudetto – juara Liga Italia – untuk SSC Napoli pada musim 2022-2023. Ia pun berhak menerima Globe Soccer Award pada Selasa (28/5/2024) malam waktu setempat.

“Tim tersebut (Napoli) telah dan masih memiliki banyak hal istimewa, terutama para pemain yang sangat kuat dan kota yang penuh semangat di belakangnya,” kata Spalletti di atas panggung pada acara tersebut. 

“Ditambah lagi, legenda terbukti penting dalam sepak bola. Dan, ada satu orang yang mengawasi kami sepanjang pengalaman di Napoli, yaitu Diego Armando Maradona.

“Inilah sebabnya saya memanggil lima legenda untuk retret pelatihan di Coverciano, karena mereka dapat memberi Anda emosi, inspirasi, menunjukkan kepada Anda bagaimana maju dari mereka yang pernah ke sana sebelumnya.” 

Panggil 5 Legenda Sepak Bola Italia 

Mengacu pengalamannya sukses menangani Napoli itulah Spalletti lantas memanggil lima legenda sepak bola yang pernah membela Gli Azzurri

Skuad Italia akan dapat berbicara dengan ikon calcio negara itu, yakni Gianni Rivera, Giancarlo Antognoni, Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, dan Francesco Totti, sebelum mereka terbang ke Jerman untuk bersaing di Euro 2024 mulai 14 Juni sampai 14 Juli.

“Ada suasana indah di Coverciano, ketika semuanya berwarna biru. Tetapi, ada sesuatu yang lebih biru lagi dan itu adalah kaus Nazionale,” ujar Spalletti.

“Kami harus siap membuktikan diri layak menerima semua cinta yang ada pada seragam Italia,” kata pelatih berusia 65 tahun itu.

Gli Azzurri akan melawan Turki yang asuhan pelatih asal Italia, Vincenzo Montella, pada 4 Juni serta Bosnia-Herzegovina pada 9 Juni dalam pertandingan persahabatan pemanasan untuk persiapan terakhir menghadapi Euro 2024.

Di Jerman, Italia berada di Grup B yang cukup berat karena diisi oleh Spanyol, Kroasia, dan Albania yang bisa menjadi kuda hitam. Di fase grup ini, Italia akan melawan Albania pada 15 Juni, Spanyol pada 20 Juni, dan Kroasia pada 24 Juni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat