sveosportu.com

Madura United Sambut VAR di Championship Series Liga 1

Daftar pemain Madura United dan staf kepelatihan di Liga 1 2023-2024.

- Madura United menyambut positif penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Championship Series Liga 1 2023-2024.

Klub berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu baru saja mengikuti sosialisasi VAR oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada Jumat (10/5/2024) lalu untuk menambah pemahaman soal teknologi anyar tersebut.

Mereka adalah kontestan Championship Series Liga 1 2023-2024 terakhir yang mendapat sosialisasi VAR, setelah Persib Bandung, Bali United, dan Borneo FC.

Para pemain dan staf pelatih Madura United terlihat antusias mendengar setiap penjelasan dari instruktur. Mereka sepertinya tak sabar merasakan implementasi VAR dalam pertandingan.

Pelatih Mauricio Souza percaya bahwa VAR akan membantu meningkatkan kualitas pertandingan dan meminimalisir kesalahan keputusan wasit.

"Saya pikir ini momentum yang tepat untuk ,menggunakan VAR. Saya yakin VAR bisa bawa fair play," kata juru taktik asal Brasil itu.

"Saya merasa VAR bagus untuk momen ini dan saya berharap pada musim depan sudah ada VAR sejak mulai kompetisi," dia menambahkan.

sosialisasi var - madura united
Para pemain dan staf pelatih Madura United menyimak penjelasan soal VAR dari instruktur PT LIB pada Jumat (10/5/2024). (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sementara, kapten Madura United, Fachruddin Aryanto, menilai keberadaan VAR adalah bukti bahwa sepak bola Indonesia terus bergerak ke arah positif.

"Ini bukti perkembangan sepak bola di tanah air. Saya berharap ini bisa menjadi titik awal kebangkitan sepak bola nasional," kata bek Timnas Indonesia tersebut.

Setelah sempat tertunda beberapa kali, VAR akhirnya bisa debut di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Babak Championship Series Liga 1 2023-2024 menjadi panggungnya. Itu termasuk laga semifinal antara Madura United kontra Borneo FC di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (15/5/2024) nanti.

Saat ini, perangkat yang digunakan adalah VAR Mobile, yakni unit mobil yang disulap menjadi ruang kontrol.

VAR Mobile ini dilengkapi berbagai fitur yang dipersiapkan untuk mengakomodir alat-alat VAR, seperti enam layar monitor, komputer, dan server.

Agar alat-alat VAR bisa beroperasi maksimal, di dalam mobil tersedia tiga buah pendingin udara. 

Satu di VAR Room, dua di ruang server untuk menunjang kinerja perangkat server dan komputer. VAR Mobile juga dilengkapi dengan generator.

Nantinya, di dalam VAR Mobile akan ada wasit VAR, asisten VAR (AVAR), serta Replay Operator (RO).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat