sveosportu.com

Penentuan Gelar Liga Inggris 2023-2024 di Pekan Terakhir

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (kiri) dan pelatih Arsenal, Mikel Arteta. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Persaingan memperebutkan gelar Liga Inggris 2023-2024 antara Manchester City dan Arsenal akan ditentukan di pekan terakhir.

Momen itu akan terjadi di pekan ke-38, yang akan digelar pada Minggu (19/5/2024) pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB.

Semua pertandingan pekan ke-38 Liga Inggris akan digelar bersamaan pada hari dan waktu yang sama karena selain persaingan sengit Man City dan Arsenal, masih ada klub yang berjuang meraih tiket ajang Eropa serta pertarungan menghindari degradasi.

Karena itu, laga pekan ke-38 nanti akan sangat panas, krusial, dan tentunya akan menentukan akhir dari semua pertarungan.

Laga pekan terakhir nanti perhatian akan mengarah ke Kota Manchester dan London.

Di Stadion Etihad, Manchester City akan menjamu West Ham United sedangkan di Stadion Emirates, Arsenal akan menjamu Everton.

Lalu, bagaimana peluang Manchester City dan Arsenal menuju pekan ke-38 nanti? Apa yang dibutuhkan Manchester City dan apa yang dibutuhkan Arsenal untuk menjadi juara Liga Inggris 2023-2024?

Persainga kedua tim memang sangat panas pada musim ini karena perbedaan selisih dua poin di antara keduanya menuju pekan terakhir.

Berikut ini analisis persaingan gelar jelang laga pekan ke-38 Liga Inggris 2023-2024 antara Man City dan Arsenal:

Situasi dari Persaingan Man City dan Arsenal di Pekan Ke-38

Manchester City saat ini memimpin klasemen sementara dengan keunggulan dua poin atas Arsenal yang ada di peringkat kedua.

Manchester City memiliki 88 poin sedangkan Arsenal 86 poin. Keduanya telah memainkan 37 laga dan akan tampil di laga pekan ke-38 atau laga terakhir Liga Inggris 2023-2024.

Manchester City akan menjamu West Ham United di Stadion Etihad sedangkan Arsenal menjamu Everton di Stadion Emirates.

Yang membuat persaingan gelar ini semakin menarik adalah selisih gol kedua tim. Manchester City memiliki selisih gol 60 setelah mencetak 93 gol dan kemasukan 33 gol.

Sementara Arsenal memiliki selisih gol sedikit lebih baik, 61 gol setelah menorehkan 89 gol dan kemasukan 28 gol.

Dengan demikian, Arsenal unggul 1 gol terkait selisih gol. Seperti diketahui, dalam Liga Inggris (Premier League) jika kedua tim memiliki poin yang sama di akhir musim, maka yang akan menentukan adalah selisih gol.

Situasi ini akan menjadi menarik ketika dalam laga berjalan nanti kedua tim bisa saja dalam posisi memiliki poin yang sama.

Contohnya, Manchester City dalam laga berjalan lawan West Ham imbang dengan demikian saat itu The Cityzens memiliki 89 poin.

Lalu, pada saat yang sama, Arsenal dalam proses laga berjalan unggul atas Everton, maka The Gunners juga memiliki 89 poin.

Situasi tersebut idealnya sudah disadari oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola dan pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Karena itu, melihat ketat atau tipisnya perbedaan selisih gol di antara keduanya, baik Manchester City maupun Arsenal tentu akan tampil di laga pekan ke-38 dengan misi mencetak banyak gol.

Manchester City akan menghadapi Sheffield United di pekan ke 20 Liga Inggris 2023-2024. (Jovi Arnanda/).
Manchester City akan menjamu West Ham United di pekan ke-38,. Minggu (19/5/2024) malam WIB. (Jovi Arnanda/).

Yang Dibutuhkan Man City untuk Juara Liga Inggris 2023-2024:

Manchester City yang menjamu West Ham United hanya membutuhkan kemenangan, hasil yang akan memastikan mereka sebagai juara Liga Inggris 2023-2024.

Jika berhasil meraihnya, Manchester City akan menjadi juara Liga Inggris empat kali beruntun. Itu sebuah rekor dalam sepak bola Inggris yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

Hasil imbang juga bisa membuat Manchester City juara Liga Inggris 2023-2024 asalkan, Arsenal juga ditahan oleh Everton di Emirates.

Arsenal dan Stadion Emirates (Jovi Arnanda/).
Arsenal akan menjamu Everton di Stadion Emirates, Minggu (19/5/2024) malam WIB. (Jovi Arnanda/).

Yang Dibutuhkan Arsenal untuk Juara Liga Inggris 2023-2024:

Arsenal asuhan Mikel Arteta butuh kemenangan lawan Everton dan berharap Manchester City kehilangan poin lawan West Ham.

Kehilangan poin untuk The Cityzens adalah imbang lawan West Ham, yang membuat gelar akan ditentukan dengan selisih gol terbaik.

Melihat selisih gol saat ini, Arsenal yang lebih baik. Dengan demikian, The Gunners memiliki peluang untuk kembali meraih gelar Liga Inggris untuk kali pertama setelah 21 tahun.

Jika Arsenal menang atas Everton dan Manchester City kalah dari West Ham, Arsenal yang akan juara.

Fakta Menarik jelang Man City vs West Ham dan Arsenal vs Everton

  • Peluang Manchester City meraih kemenangan atas West Ham sangat terbuka. The Cityzens tidak terkalahkan dalam 16 laga terakhir Liga Inggris lawan West Ham (13 menang, 3 imbang).
  • Di sisi lain, West Ham mengalami 16 kekalahan dari 17 laga tandang lawan Man City di Stadion Etihad di ajang Liga Inggris.
  • Arsenal hanya mengalami satu kekalahan dari 27 laga kandang Liga Inggris lawan Everton, tepatnya pada April 2021.
  • Arsenal tiga kali mengalahkan Everton di laga pekan terakhir, yaitu 4-3 pada 2001-2002, 3-1 pada 2016-2017, dan 5-1 pada 2021-2022.
  • Arsenal paling banyak meraih kemenangan dalam laga pekan terakhir mereka di Liga Inggris melebihi klub manapun (22 kemenangan), termasuk 12 kemenangan di pekan terakhir secara beruntun.

Liga-liga top Eropa menuju pekan terakhir! Di Liga Inggris ada persaingan antara Man City dan Arsenal yang memperebutkan juara Liga Inggris 2023-2024, seru dan panas tentunya. Simak yuk bagaimana serunya persaingan keduanya di pekan ke-38 lewat obrolan di Stadeo dengan link di bawah ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat