sveosportu.com

Mikel Arteta Butuh Keajaiban di Emirates dan Etihad

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. (Hendy Andika/Skor.id).

- Mikel Arteta bisa mengangkat trofi Liga Inggris 2023-2024 malam ini atau Minggu (19/5/20244), ketika Arsenal menghadapi Everton dalam laga yang akan dimulai pada pukul 22.00 WIB.

Mikel Arteta nyaris memiliki segalanya untuk mewujudkan misi tersebut: Stadion Emirates, dukungan fans, dan sebuah gol yang membuat Arsenal memiliki selisih gol terbanyak dibandingkan dengan Manchester City asuhan Pep Guardiola.

Yang tidak atau belum dimiliki Mikel Arteta adalah kejaiban. Pelatih berusia 42 tahun tersebut membutuhkan keajaiban itu bukan hanya di Stadion Emirates, melainkan juga di Stadion Etihad, di mana rival mereka, Manchester City akan menjamu West Ham United.

Keajaiban itu bisa saja datang, yang terlihat tidak mungkin menjadi mungkin. Yang harus dilakukan timnya adalah menang atas Everton, setelah itu takdir yang akan berbicara tentunya.

Musim kompetisi Liga Inggris 2023-2024 yang panjang di mana pada musim ini, dia memperlihatkan bahwa Arsenal memiliki mentalitas juara. Bahkan, sebagai pelatih pria asal Spanyol ini berupaya melakukan tugasnya dengan maksimal.

Musim ini contohnya, Mikel Arteta tercatat sebagai pelatih pertama dalam sejarah Liga Inggris tidak terkalahkan dalam semusim lawan Pep Guardiola (Man City) dan Jurgen Klopp (Liverpool).

Pep dan Klopp adalah dua pelatih besar yang merupakan pelatih top terkini di Liga Inggris. Lawan Pep Guardiola contohnya. Pada pertemuan pertama di pekan ke-8, dia membawa Arsenal menang 1-0 atas Manchester City.

Sedangkan di pertemuan kedua, The Gunners imbang 0-0. Menghadapi Jurgen Klopp, dia membawa Arsenal imbang 1-1 di pertemuan pertama pada pekan ke-18.

Sedangkan di pertemuan kedua, Arsenal menang 3-1 atas Liverpool. Hasil tersebut juga membuat Mikel Arteta membawa Arsenal tidak terkalahkan menghadapi tim berstatus The Big Six.

Di antaranya menang atas Manchester United atau ketika menggulung Chelsea dengan skor 5-0.

Kemenangan atas Manchester United, 1-0, pada 12 Mei lalu, membuatnya mencatat kemenangan ke-27 musim ini, jumlah kemenangan terbanyak dalam sejarah Arsenal dalam satu musim Liga Inggris. Rekor.

Dari aspek pemain, Mikel Arteta membentuk Bukayo Saka menjadi pemain yang lebih produktif.

Dengan 16 gol yang diciptakan bintang Timnas Inggris ini pada 2023-2024 di Liga Inggris, telah melewati rekor terbaik sang pemain dalam satu musim (14 gol pada 2022-2023).

Bukayo Saka pun memiliki kondisi lebih baik untuk Timnas Inggris di ajang Euro 2024 nanti. Dia juga jeli melihat potensi dari kiper asal Spanyol, David Raya, pemain pinjaman dari Brentford.

Mikel Arteta dinilai juga mampu memaksimalkan pembelian termahal The Gunners musim ini, Declan Rice, sebagai gelandang penyeimbang permainan. Atau tetap memberikan peran false 9 kepada Kai Havertz.

Namun, semua itu tentu saja akan semakin sempurna dengan sebuah trofi: trofi Liga Inggris 2023-2024. Peluangnya mewujudkan misi tersebut sangat sulit, namun bukan tidak mungkin tentunya.

Pelatih West Ham David Moyes (kiri) memiliki strategi dan taktik yang kontras dengan pelatih Man City Pep Guardiola. Keduanya akan bertemu Sabtu (16/9/2023) malam ini dalam lanjutan Liga Inggris 2023-2024 (M Yusuf/).
Pelatih West Ham David Moyes (kiri) akan menghadapi Manchester City asuhan Pep Guardiola, Minggu (19/5/2024) malam ini, yang bisa membantu Arsenal juara Liga Inggris 2923-2024. (M Yusuf/).

Berharap kepada David Moyes

Fans Arsenal akan bertanya-tanya, apakah Mikel Arteta sempat mengontak David Moyes, pelatih West Ham, sebelum laga ini? Keajaiban yang dibutuhkan Mikel Arteta salah satunya memang ada kepada West Ham, tim asuhan David Moyes.

"David Moyes bagian penting dalam hidup saya," kata Mikel Arteta dalam komentarnya kepada Sky Sports, 17 Mei lalu, terkait laga pekan terakhir di mana West Ham akan menjadi lawan bagi Manchester City.

Jika West Ham United mampu mengalahkan Manchester City dan Arsenal menang atas Everton, The Gunners akan juara Liga Inggris 2023-2024.

"Dia dapat berperan mewujudkan mimpi Arsenal pekan ini jika West Ham juga meraih hasil positif lawan Manchester City," kata Mikel Arteta menambahkan.

Momen dengan David Moyes memang spesial bagi Miikel Arteta. David Moyes, yang mewujudkan mimpi Mikel Arteta tampil di Liga Inggris.

Momen itu terjadi pada 2005 silam, ketika David Moyes memperkenalkan kepada publik sepak bola Inggris pemain berusia 22 tahun, Mikel Arteta kepada fans Everton.

David Moyes membawa Mikel Arteta pada Januari 2005 ke Everton. David Moyes pula yang memberikan debut Mikel Arteta di Liga Inggris,

Tepatnya pada 6 Februri 2005 dalam laga yang berakhir imbang 2-2 lawan Southampton.

Mikel Arteta masuk ke lapangan menggantikan Alan Stubbs pada menit ke-59.

Kini, Mikel Arteta berharap kepada David Moyes untuk membantunya lagi, "memberikan" trofi Liga Inggris dalam kariernya sebagai pelatih. Membawa West Ham mengalahkan Manchester City.

"Tugas saya adalah untuk West Ham, bukan untuk siapapun," kata David Moyes dalam wawancaranya jelang pekan ke-38 lawan Manchester City.

Artinya, David Moyes akan mencoba mengalahkan Man City, tapi bukan karena Mikel Arteta tentunya.

Bahkan, David Moyes juga mengingatkan, laga nanti bukan pula untuk Declan Rice.

Gelandang Arsenal ini dibeli dari West Ham pada awal musim ini, dan Declan Rice salah satu pemain yang menjadi bintang karena David Moyes.

"Tidak, kami tidak melakukan laga nanti untuk Declan Rice, tapi semua orang menyukai dirinya," kata David Moyes.

Peningkatan Arsenal

Apapun hasil yang akan terjadi pada pekan ke-38 ini, Arsenal memiliki perkembangan yang sangat positif di bawah asuhan MIkel Arteta.

Pencapaian tersebut dapat dilihat dari statistik per musim Arsenal bersama sang pelatih.

Pada musim pertamanya sebagai pelatih Arsenal (2019-2020) di mana dia datang pada Desember 2019 menggantikan Unai Emery, Mikel Arteta membawa The Gunners mengakhiri musim dengan hanya 56 poin.

Musim berikutnya, dari 38 laga meraih 61 poin, lalu meningkat lagi menjadi 69 poin pada 2021-2022.

Dan, musim lalu, Arsenal sempat memimpin dalam persaingan gelar Liga Inggris, mengakhiri musim itu dengan 84 poin dari 38 laga.

Kini, ketika kompetisi belum berakir (37 laga), Arsenal telah mengoleksi 86 poin.

Rapor Arsenal per Musim bersama Mikel Arteta

2023-2024 (37 Laga): 27 Menang, 5 Imbang, 4 Kalah, 86 Poin

2022-2023 (38 Laga): 26 Menang, 6 Imbang, 6 Kalah, 84 Poin

2021-2022 (38 Laga): 22 Menang, 3 Imbang, 13 Kalah, 69 Poin

2020-2021 (38 Laga): 18 Menang, 7 Imbang, 13 Kalah, 61 Poin

2019-2020 (38 Laga): 14 Menang, 14 Imbang, 10 Kalah, 56 Poin

Liga-liga top Eropa menuju pekan terakhir! Di Liga Inggris ada persaingan antara Man City dan Arsenal yang memperebutkan juara Liga Inggris 2023-2024, seru dan panas tentunya. Simak yuk bagaimana serunya analisis dan komentar persaingan keduanya di pekan ke-38 lewat obrolan di Stadeo dengan link di bawah ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat