sveosportu.com

Mirip Ferrari, Hamilton Antusias Marquez Gabung Ducati

Lewis Hamilton dan Marc Marquez

Lewis Hamilton turut berkomentar soal bergabungnya Marc Marquez ke tim pabrikan Ducati pada MotoGP 2025. Menurut sang juara dunia Formula 1 tujuh kali, ini ada kesamaan dengan kasusnya.

Awal Februari lalu, Hamilton membuat heboh jagad F1 usai memutuskan meninggalkan Mercedes akhir musim 2024 untuk menyeberang ke salah satu rival kuat, Ferrari. Ia akan berseragam merah mulai 2025. 

Dan, selang empat bulan, tepatnya pada Rabu (5/6/2024), giliran Marquez yang menjadi sorotan menyusul promosinya dari Gresini Racing ke tim pabrikan Borgo Panigale. 

Ducati akhirnya lebih memilih mengangkat Marc Marquez ketimbang bintang Prima Pramac Racing, Jorge Martin, sebagai rekan baru juara bertahan Francesco Bagnaia menggantikan Enea Bastianini musim depan.

Lewis Hamilton mengaku terkesan melihat peralihan bersejarah di dunia motorsport yang terjadi tahun ini, dengan bergabungnya Marquez ke tim ofisial Ducati di MotoGP 2025 mirip akan kepindahannya ke Ferrari.

The Baby Alien, yang telah enam kali menjadi juara dunia kelas premier MotoGP dan sempat mendominasi olahraganya seperti Hamilton di F1, bakal membalap dengan konstruktor legendaris demi bisa berjaya lagi.

Sebelum promosi, Marc Marquez lebih dulu membuat keputusan berani, meninggalkan tim pabrikan Honda, yang telah diperkuatnya 11 musim, dan rela merapat ke Gresini, salah satu tim satelit Ducati.

Langkah tersebut sekarang berbuah manis. Belum juga menyelesaikan tahun debutnya dengan Gresini, Spaniard mendapat kursi tim pabrikan terkuat di MotoGP saat ini.

Seperti halnya Lewis Hamilton, keputusan itu menyebabkan dunia motorsport membara dengan antusiasme dan antisipasi. Dan, kali ini pembalap jet darat segera memberi penghormatan atas langkah Marquez.

“Itu luar biasa. Maksud saya, dia (pembalap) menakjubkan. Melihat Marquez di Ducati akan sangat keren. Ducati selalu menjadi motor top,” ujar Hamilton menjelang F1 Grand Prix Kanada akhir pekan ini, dikutip dari Racing News 365.

“Saya pikir dari sudut pandang seorang atlet atau pembalap, itu mungkin mirip bagi sebagian dari Anda, di mana Anda telah bekerja lama (dengan satu tim), sangat menyenangkan punya hal baru, lingkungan baru, orang-orang baru, dan tentu tantangan baru.” 

“Pasti ada rasa gugup, ada hal-hal yang mungkin Anda tidak yakin, dalam artian Anda tidak tahu bagaimana Anda berbaur dalam suatu lingkungan baru, misalnya. Namun di saat yang sama itu menarik. Jadi, ya, saya tak sabar melihatnya dengan motor (merah) Ducati.”

Baik F1 dan MotoGP sudah lama dianggap sebagai puncak dari disiplin motorsport masing-masing. Sejak diambil alih Liberty Media pada 2017, kejuaraan dunia jet darat telah mengalami tranformasi.

Didukung dengan serial Netflix Drive to Survive, Formula 1 kian populer dan, terutama dari aspek finansial, berkembang. Serta telah berhasil menjaring banyak fans baru di seluruh penjuru dunia. 

Pada awal tahun ini, Liberty juga mengakuisisi kepemilikan MotoGP, artinya berada di bawah payung yang sama dengan F1. Sebagai fans, Hamilton yakin kejuaraan balap roda dua tersebut akan makin berkembang.

“Saya menggemari MotoGP dan saya juga sangat bersemangat untuk masa depan olahraga ini. Saya pikir mereka mungkin akan belajar banyak dari apa yang terjadi dengan Liberty dan Formula 1,” kata Hamilton. 

Bergabungnya Lewis Hamilton dan Marc Marquez ke Ferrari serta Ducati membuat dunia motorsport kian menarik. Kedua rider terbaik di generasinya itu akan sama-sama membalap untuk ‘Tim Merah Italia’ dengan tujuan kembali menjadi juara dunia.    

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat