sveosportu.com

MotoGP Kazakhstan Gantikan India, Sebelum Race di Mandalika

MotoGP Kazakhstan 2024

– MotoGP mengumumkan Grand Prix Kazakhstan bakal menggantikan slot India dalam kalender musim 2024, September mendatang. Balapan di sana dijadwalkan sepekan sebelum GP Indonesia.

Dalam rilisnya, MotoGP menyebut Francesco Bagnaia dan kolega akan balapan untuk pertama kalinya di Sokol International Racetrack, Almaty, Kazakhstan pada 20-22 September. 

MotoGP Kazakhstan diplot sebagai ronde ke-14, mengisi tempat GP India yang dibatalkan. Pihak promotor tidak mengungkap secara eksplisit alasannya, hanya menyebut ingin menggeser waktu penyelenggaraan. 

Fairstreet Sports, selaku promotor MotoGP India, berharap bisa menggelar balapan di Sirkuit International Buddh pada Maret, yang dirasa lebih ideal dibandingkan September, mulai 2025. 

“Keputusan untuk memindahkan balapan ke Maret tahun, membidik pekan pertama atau kedua (kalender MotoGP), adalah persetujuan kolektif dari para stakeholder,” ujar CEO Fairstreet Pushkar Nath Srivastava.         

“Kondisi cuaca yang tak cocok pada September menghadirkan tantangan besar baik untuk para pembalap dan marshal, seperti yang terjadi tahun lalu,” ia menambahkan.

Pihak MotoGP menyebut pertimbangan operasional dan kondisi cuaca yang tidak sesuai, mengingat suhu panas serta tingkat kelembapan tinggi di Sirkuit Buddh yang menjadi isu utama bagi para pembalap.

Guna mengisi kekosongan, MotoGP sudah memplot GP Kazakhstan sebagai pengganti. Sebelumnya, race weekend di Sokol dijadwalkan pada 14-16 Juni 2024, tetapi dibatalkan akibat bencana banjir awal Mei lalu.

“FIM, IRTA, dan Dorna Sports sekarang dapat mengumumkan tanggal baru untuk Grand Prix Kazakhstan 2024. Banjir di seluruh wilayah menyebabkan event tersebut ditunda dari Juni,” bunyi pernyataan MotoGP.

“GP Kazakhstan perdana sekarang bakal berlangsung pada 20 sampai 22 Juni September sebagai balapan pertama dalam putaran tur Asia kalender MotoGP musim 2024.”

Ini berarti MotoGP Kazakhstan akan diselenggarakan sepekan sebelum Marc Marquez dan para pembalap melanjutkan persaingannya dalam GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

MotoGP Indonesia 2024 dijadwalkan bergulir pada pekan terakhir bulan September, tepatnya tanggal 27-29. Balapan di Mandalika bakal menjadi putaran ke-15 musim ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat