sveosportu.com

Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Disetujui DPR RI

Pemain keturunan Indonesia, Calvin Verdonk.

- Komisi X dan III DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Diketahui, Calvin Verdonk dan Jens Raven adalah dua pemain yang masuk dalam program incaran PSSI untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Persetujuan naturalisasi tersebut telah disepakati dalam sidang Komisi X DPR di Gedung Nusantara I, Jakarta, pada Senin (3/6/2024).

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Calvin Verdonk dan Jens Raven ," kata pimpinan sidang, Hetifah Sjaifudian.

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," ia menambahkan.

Kemudian, saat berlanjut ke Komisi III DPR RI, peserta sidang juga menyetujui permohonan naturalisasi kedua pemain.

Pada rapat pembahasan proses naturalisasi ini, Calvin Verdonk datang langsung untuk menghadap Komisi X DPR RI.

Sebagai informasi, Calvin Verdonk memang sedang berada di Indonesia. Pemain NEC Nijimegen itu juga sempat mengikuti latihan bersama skuad Garuda pada Jumat (31/5/2024).

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (Hendy Andika/)

Bergabungnya Calvin Verdonk di Timnas Indonesia tersebut dikabarkan atas permintaan pelatih Shin Tae-yong, untuk memberikan kesempatan beradaptasi dengan tim.

Tentu dengan persetujuan Komisi X dan Komisi III DPR RI membuka harapan Calvin Verdonk bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Adapun Timnas Indonesia masih menyisakan dua pertandingan pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, yang keseluruhan di kandang sendiri.

Skuad Garuda bakal menjamu Timnas Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sementara itu, Jens Raven menghadiri sidang secara virtual, zoom, didampingi oleh tim pelatih Timnas U-20 Indonesia tepatnya Indra Sjafri dan Bima Sakti.

Jens Raven tak dapat hadir langsung karena Timnas U-20 Indonesia sedang berada di Prancis untuk persiapan tampil pada Turnamen Toulon 2024.

Turnamen Toulon 2024 dijadwalkan mulai bergulir pada 4-16 Juni 2024. Skuad Garuda Muda berada di Grup B bersama Ukraina, Panama, Jepang, dan Italia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat