sveosportu.com

Nova Arianto Fokus ke Timnas U-16, STY Beri Dukungan Penuh

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tampaknya tidak akan didampingi salah satu asistennya pada dua laga sisa Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Juni nanti.

Adalah Nova Arianto yang harus mulai fokus ke tugasnya sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia, sehingga tidak bisa mendampingi Shin Tae-yong.

Selepas pulang dari Piala Asia U-23 2024 dan play-off Olimpiade 2024, eks bek Persib Bandung itu memang langsung bertolak ke Yogyakarta, di mana Timnas U-16 Indonesia sedang melakukan pemusatan latihan.

Mereka saat ini sedang bersiap untuk mengikuti Piala AFF U-16 2024 yang bakal digelar di Solo, Jawa Tengah, 21 Juni-4 Juli 2024. 

Terkait hal ini, Shin Tae-yong pun memberikan dukungan penuh terhadap Nova Arianto. Hal itu terlihat dalam unggahan terbaru di akun Instagram, Nova Arianto, Senin (13/5/2024).

Shin Tae-yong terlihat ikut memberikan komentar dalam unggahan itu sebagai bentuk dukungan terhadap apa yang dilakukan oleh Nova.

“Kembali fokus menyiapkan pemain muda sebagai fonasi Tim Nasional ke depan karena Tim Nasional U16 adalah generasi generasi ke depan yang bisa menggantikan kakak kakaknya saat ini,” tulis Nova Arianto, dalam kapsi unggahannya tersebut.

“Pemain harus mempunyai keinginan yang kuat mau mengubah mindset-nya untuk jangan pernah takut capek dan harus mau mengorbankan dirinya untuk tim. Karena bermain untuk Tim Nasional mempunyai tanggung jawab yang besar di sana.”

“Terus jalani dan nikmati prosesnya boys dan untuk menjadi pemain Tim Nasional banyak yang harus dikorbankan,” jelas pelatih berusia 44 tahun itu.

Shin Tae-yong pun memberikan komentar yang mengisyaratkan Timnas U-16 Indonesia sedang dalam trek yang benar.

“Timnas U-16 sedang on fire,” tulis Shin Tae-yong, di kolom komentar unggahan Nova Arianto tersebut.

Seperti diketahui, jadwal Piala AFF U-16 2024 memang berdekatan dengan dua laga Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda dijadwalkan bakal menghadapi Irak pada 6 Juni 2024, serta Filipina lima hari berselang.

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus memastikan lolos ke Piala Asia 2027.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat