sveosportu.com

Pelatih Timnas U-16 Filipina Soroti Kecermatan Nova Arianto

timnas filipina u-16

- Timnas U-16 Filipina kalah di tangan Indonesia dalam laga lanjutan penyisihan Grup A ASEAN U-16 Championship 2024 yang digelar Senin (24/6/2024) malam.

Tampil di hadapan ribuan pendukung tuan rumah yang datang ke Stadion Manahan, Solo, Timnas U-16 Filipina tumbang dengan skor 0-3.

Meski kalah tiga gol tanpa balas, tim asuhan Yuki Matsuda sejatinya sempat memberi perlawanan yang cukup alot terutama pada babak pertama.

Bahkan, gawang Timnas U-16 Filipina yang dijaga Enrique Santino Francisco Sunico baru jebol pada menit ke-65 lewat gol dari Evandra Florasta.

Selepas pertandingan, Yuki Matsuda sepertinya tak terlalu ambil pusing dengan hasil akhir yang didapatkan timnya.

Bagi juru taktik asal Jepang itu, yang terpenting adalah tim asuhannya dapat kesempatan memainkan permainan level tinggi menghadapi lawan sekuat Indonesia.

“Terima kasih karena telah memberi kami kesempatan sangat baik untuk memainkan sepak bola level tinggi melawan Indonesia,” kata Yuki Matsuda selepas laga.

“Pemain saya masih berusia 14–15 tahun, sangat berbeda dengan Indonesia. Jadi, kami harus menyiapkan taktik sepak bola yang tepat, kondisi tubuh, dan intensitas mental.”

Kepala pelatih Timnas U-16 Filipina, Yuki Matsuda
Kepala pelatih Timnas U-16 Filipina, Yuki Matsuda, menghadiri sesi konpers usai menghadapi Indonesia dalam laga lanjutan penyisihan Grup A ASEAN U-16 Championship 2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo pada Senin (25/6/2024). (Doddy Wiratama/)

Apa yang disiapkan Yuki Matsuda nyaris berbuah hasil sebelum pemain Filipina mulai menunjukkan penurunan performa yang dimanfaatkan dengan baik oleh tim tuan rumah.

Yuki Matsuda pun mencermati langkah kepala pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, yang melakukan perubahan besar dalam komposisi starting line up.

Juru taktik berkaca mata itu mencatat Nova Arianto hanya mempertahankan empat sosok starter yang sama dengan laga kontra Singapura tiga hari sebelumnya.

Timnas U-16 Indonesia kemudian memasukkan sejumlah "pemain inti" pada babak kedua ketika kondisi fisik dan mental para pemain Filipina mulai menurun.

Langkah tersebut terbukti jitu. Apalagi Mochamad Mierza Firjatullah yang turun dari bangku cadangan sukses mencetak dua dari tiga gol kemenangan Skuad Merah Putih.

“Saya pikir ada tujuh pemain (starter) yang diganti di Tim Indonesia. Mereka kemudian memasukkan satu atau dua pemain (inti) pada awal babak kedua,” ia menganalisis.

“Mereka pun mengubah alur permainan. Saya pikir itu hal yang bagus karena memberi struktur yang lebih bertenaga untuk Indonesia.”

Pada sisi lain, kekalahan kontra Indonesia menutup kans Filipina untuk lolos ke semifinal ASEAN U-16 Championship.

Filipina saat ini berada di dasar klasemen Grup A dengan catatan nirkemenangan dan nirpoin dari dua laga yang sudah dilakoni.

Tim asuhan Yuki Matsuda sendiri masih menyisakan satu laga untuk dimainkan dalam ajang ASEAN U-16 Championship 2024.

Mereka dijadwalkan menghadapi Singapura yang sama-sama sudah dipastikan gagal lolos ke semifinal pada Kamis (27/6/2024) malam di Stadion Sriwedari, Solo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat