sveosportu.com

Gacor di Liga 1, Malik Risaldi Gedor Pintu Timnas Indonesia

malik risaldi - madura united

- Performa gemilang Malik Risaldi bersama Madura United di Liga 1 2023-2024 tak luput dari perhatian pecinta sepak bola tanah air. 

Kini, banyak yang mendorong agar winger 27 tahun asal Surabaya itu mendapat panggilan Timnas Indonesia.

Permintaan yang tidak berlebihan jika melihat sepak terjangnya sepanjang liga domestik musim ini.

Faktanya, Malik Risaldi adalah pemain lokal Indonesia (termasuk naturalisasi) paling subur di Liga 1 2023-2024. Dia melesakkan 13 gol dalam 34 penampilan, tak ada yang lebih tajam.

Puncaknya, penyerang bernomor punggung 77 itu menciptakan brace ke gawang Borneo FC, Minggu (19/5/2024), yang membawa Madura United lolos ke final Championship Series Liga 1 2023-2024.

Selain tajam, Malik juga punya sisi kreatif yang menonjol. Itu terbukti dari empat assist yang diberikan kepada rekan setimnya.

Tambahan lagi, gaya mainnya tak seperti mayoritas winger lokal yang mengandalkan kecepatan. Malik Risaldi juga punya kemampuan olah bola mumpuni, kecerdikan mencari ruang, serta, yang terpenting, finishing jempolan.

malik risaldi - championship series
Aksi winger Madura United, Malik Risaldi (tengah), saat menghadapi Borneo FC pada semifinal kedua Championship Series Liga 1 2023-2024 di Stadion Batakan, Balikpapan, 19 Mei 2024. (Dok Madura United)

Lalu, akankah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendengarkan saran penggemar dan memberi kesempatan buat Malik? Belum tentu juga.

Sebab, untuk agenda terdekat, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia versus Irak dan Filipina, Shin Tae-yong sudah menetapkan 22 pemain pilihannya.

Memang, ada kemungkinan menambah jumlah tersebut, seperti yang diungkapkan manajer Timnas Indonesia, Sumardji, beberapa waktu lalu.

Tapi, asumsinya, kuota (dua pemain) tersebut dicadangkan buat wajah anyar naturalisasi, macam Maarten Paes dan Calvin Verdonk.

Sementara, untuk Malik Risaldi, peluang bergabung sangat tipis, walaupun Shin Tae-yong sedang kehilangan Witan Sulaeman saat ini.

Meski demikian, bukan berarti pintu Timnas Indonesia tertutup buat Malik. Jika belum beruntung kali ini, kesempatan berikutnya masih ada.

Apalagi pasukan Garuda berpeluang besar lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang dimulai September 2024. 

Selain itu, dia juga bisa main di ASEAN Cup 2024 (dulu Piala AFF), November mendatang.

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa turnamen tersebut merupakan ajang trial untuk talenta-talenta baru Timnas Indonesia. Dan, Malik Risaldi mungkin termasuk salah satunya.

Namun, semua spekulasi ini harus ditahan dulu. Pasalnya, Malik Risaldi masih punya target lebih penting dalam waktu dekat.

Ya, dia bermimpi mencetak sejarah bersama Madura United dengan menjuarai Champioship Series Liga 1 2023-2024.

Pada partai puncak, mereka akan menghadapi Persib Bandung. Laga pertama digelar Minggu (26/5/2024) mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat