sveosportu.com

Piala Asia U-23 2024: Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

- Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Itu setelah pasukan muda The White Wolves menyingkirkan juara bertahan Arab Saudi U-23 dalam duel babak 8 besar di Khalifa International Stadium, Jumat (26/4/2024) malam.

Pada pertandingan tersebut, Uzbekistan U-23 menang dengan skor 2-0. Gol-gol mereka disumbangkan Khusain Norchaev (45+2') dan Umarali Rahmonaliev (84').

Ulangan final edisi 2022 ini sejatinya berjalan sengit, tapi Uzbekistan U-23 lebih efektif memanfaatkan peluang. Ditambah lagi, sejak menit ke-70, Arab Saudi U-23 kehilangan satu pemain akibat kartu merah Ayman Ahmed.

Ini juga menandai kali keempat beruntun Uzbekistan U-23 melaju ke semifinal Piala Asia U-23, menegaskan dominasi mereka di turnamen usia muda tersebut.

The White Wolves juga merupakan juara edisi 2018, kala itu mengalahkan Vietnam U-23 di partai puncak.

Sementara, Arab Saudi U-23 untuk kali pertama kandas di perempat final, setelah tiga kali selalu menjadi finalis jika mampu lolos dari fase grup.

Menghadapi Uzbekistan U-23 bakal menjadi tantangan berat bagi Timnas U-23 Indonesia. Sebab, tim asuhan Timur Kapadze itu punya kualitas yang mumpuni.

Namun, melihat rekam jejak Garuda Muda sepanjang turnamen, optimisme tetap ada.

Meski berstatus debutan, pasukan Shin Tae-yong mampu menaklukkan sederet lawan tangguh, macam Australia U-23, Yordania U-23, sampai jawara edisi 2020, Korea Selatan U-23, di perempat final.

Bukan tak mungkin mereka kembali membuat kejutan lawan Uzbekistan U-23.

Sang pelatih mengatakan, kepercayaan diri Rizky Ridho dan kawan-kawan sedang tinggi, membuat mereka tak takut dengan siapa pun.

"Sepak bola Indonesia sedang meningkat, sedang berkembang. Dan sekarang, saya yakin bahwa siapa pun lawannya, kami dapat bersaing," kata Shin Tae-yong usai menyingkirkan Korea Selatan U-23.

"Saya mengatakan kepada para pemain untuk mempercayai saya dan mengikuti saya dan (bersama-sama), kita bisa pergi ke final. Saya pikir kepercayaan diri yang saya berikan kepada para pemain yang telah membawa kami sejauh ini," dia menambahkan.

Duel semifinal antara Timnas U-23 Indonesia versus Uzbekistan U-23 akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Senin (29/4/2024) sore waktu setempat atau malam WIB.

Para penggemar Garuda Muda tentu kembali mengharapkan tuah stadion tersebut, di mana Indonesia selalu menang atas lawan-lawan mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat