sveosportu.com

Piala Asia U-23 2024: Malaysia Pulang Tanpa Poin

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

- Timnas U-23 Malaysia mengakhiri petualangan di Piala Asia U-23 2024 dengan pahit. Mereka pulang tanpa mengantongi satu poin pun.

Itu setelah tim asuhan Jose Garrido Torres kembali menelan kekalahan di laga pamungkas Grup E.

Menghadapi Kuwait U-23 di Stadion Al Janoub, Selasa (23/4/2024) malam waktu setempat, pasukan muda Harimau Malaya tumbang dengan skor 1-2. 

Tanda-tanda petaka buat Malaysia U-23 sudah terlihat pada menit ke-45, ketika Sikh Izhan Nazrel menerima kartu merah langsung dari wasit.

Tak lama kemudian, menit ke-45+14, gawang mereka bergetar oleh penalti Salman Mohammed.

Usai turun minum, Kuwait U-23 kian menjauh kala Talal Al-Qaisi menggandakan skor pada menit ke-60.

Malaysia U-23 sempat memperkecil ketinggalan lewat aksi Haqimi Rosli, tiga menit berselang. Namun, dengan sepuluh pemain mereka agak kepayahan.

Meskipun Kuwait U-23 juga kehilangan pilar akibat kartu merah Salman Mohammed di menit ke-84, tapi Harimau Malaya tak mampu mendapatkan gol penyeimbang.

Hasil ini melengkapi rapor buruk Malaysia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Mereka kalah tiga kali, cuma mencetak satu gol, dan berakhir sebagai juru kunci Grup D.

Vietnam runner-up

Pada saat bersamaan, wakil ASEAN lainnya, Vietnam U-23, juga menelan pil pahit.

Bertemu Uzbekistan U-23 di Khalifa International Stadium, The Golden Star Warriors dipaksa menyerah tiga gol tanpa balas.

Gawang dua kali dikoyak Alisher Odilov (4', 40'), ditambah satu dari Ruslanbek Jiyanov.

Itu berarti, tim asuhan Hong Anh Tuan gagal memenuhi ambisi menjadi juara grup. Mereka harus puas finis di peringkat kedua, di belakang Uzbekistan U-23 yang mengoleksi poin sempurna. 

Meski demikian, Vietnam U-23 tetap melaju ke perempat final. Bersama Indonesia U-23, mereka adalah wakil ASEAN yang tersisa di turnamen ini.

Nguyen Thai Son dan kawan-kawan akan berjumpa juara Grup C, Irak U-23, di babak 8 besar. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Al Janoub pada Jumat (26/4/2024) mendatang.

Sementara, Uzbekistan U-23 akan meladeni juara bertahan Arab Saudi U-23 di Khalifa International Stadium. Ini akan menjadi duel juara masa lalu, dengan Uzbekistan pernah menjadi yang terbaik pada edisi 2018.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat