sveosportu.com

Profil Tim Grup E Euro 2024: Ukraina

Timnas Ukraina berpotensi membuat kejutan di Euro 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

– Berikut ini profil Timnas Ukraina, salah satu kontestan Euro 2024. Pada Euro 2024, Ukraina tergabung di Grup E bersama Belgia, Slovakia, dan Rumania.

Skuad Ukraina untuk Euro 2024 telah dibenahi oleh pelatih Serhiy Rebrov. Hasilnya, mereka akan menjadi lawan tangguh bagi tim-tim mana pun saat turnamen digelar di Jerman pada 14 Juni sampai 14 Juli mendatang. 

Meskipun baru berhasil lolos ke Euro 2024 melalui babak play-off, skuad Ukraina memiliki segudang talenta yang bisa merepotkan tim-tim di Jerman. 

Dengan materi sekalibr kiper Real Madrid CF Andriy Lunin, Oleksandr Zinchenko dari Arsenal FC, Mykhailo Mudryk dari Chelsea FC, dan pencetak gol terbanyak La Liga Artem Dovbyk (Girona FC), tidak ada alasan mengapa mereka tidak bisa bersaing dengan skuad Euro 2024 lainnya.

Ditambah lagi, ada alasan bagus mengapa babak play-off diperlukan bagi Ukraina di kualifikasi. Selain menghadapi grup kualifikasi yang sulit bersama Inggris, Italia, Makedonia Utara, dan Malta, konflik yang sedang berlangsung di Ukraina memaksa tim nasional untuk memainkan semua pertandingan kandang mereka di negara lain. 

Meskipun demikian, Ukraina hanya gagal menempati posisi kedua berdasarkan rekor head-to-head dengan juara bertahan Piala Eropa, Italia, setelah kedua negara memiliki poin yang sama (14), mengklaim hasil imbang dalam perjalanannya melawan Inggris dan (yang menentukan, di pertandingan terakhir) Italia. 

Tim asuhan Serhiy Rebrov harus melalui babak play-off dan melakukan comeback dramatis untuk mengalahkan Bosnia dan Herzegovina di semifinal, sebelum melakukan hal serupa untuk mengalahkan Islandia di final untuk mendapatkan tempat di Euro 2024

Tergabung dalam Grup E, ada potensi bagi Ukraina untuk mencapai babak sistem gugur juga, dengan Belgia, Slovakia dan Rumania menghalangi mereka.

Ukraina akan mengawali Euro 2024 dengan bertemu Rumania di Munchen pada 17 Juni pukul 15:00 waktu setempat atau 20:00 WIB. 

Slovakia menjadi lawan keduaa Ukraina di Grup E di Dusseldorf pada 21 Juni pukul 15:00 atau 20:00 WIB. Lawan terberat, Belgia, menanti di Stuttgart pada 26 Juni pukul 18:00 waktu setempat atau 23:00 WIB.

Pelatih: Serhiy Rebrov 

Pelatih Timnas Ukraina Serhiy Rebrov - Rahmat Ari Hidayat .jpg
Pelatih Timnas Ukraina Serhiy Rebrov bisa menjadikan skuadnya kuda hitam di Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/) 

Ditunjuk sebagai manajer tim nasional tahun lalu (tepatnya 7 Juni 2023), Serhiy Rebrov telah beradaptasi dengan cepat sebagai bos Ukraina, menang enam kali dan seri tiga kali dari 10 pertandingan pembukaannya. 

Dengan hanya mengalami sekali kekalahan (1-2 dari Italia di kualifikasi Euro 2024), Ukraina di bawah Rebrov menorehkan rata-rata 2,10 poin per laga.

Meskipun para penggemar di Inggris mungkin paling mengenalinya dari karier bermainnya di Tottenham Hotspur dan West Ham United, karier manajerial Rebrov juga sama mengesankannya.

Rebrov memenangi gelar Liga Ukraina bersama Dynamo Kyiv (dua kali), Liga Hungaria untuk Ferencvarosi TC (tiga kali), dan Liga Uni Emirat Arab Al Ain FC (sekali), serta sejumlah piala domestik lainnya sejak dimulai sepuluh tahun lalu. Mencapai Euro 2024 tentu membantu meningkatkan pengalamannya di CV juga.

Kepiawaian Rebrov menyesuaikan formasi sesuai keperluan tim – 4-2-3-1, 4-3-3 attacking, hingga 4-4-2 double 6 – juga didukung dengan kualitas pemain yang terbilang komplet dari kiper hingga lini depan. 

Pemain Bintang: Oleksandr Zinchenko 

Oleksandr Zinchenko - Rahmat Ari Hidayat .jpg
Oleksandr Zinchenko bermain sebagai gelandang di Timnas Ukraina dan piawai mengalirkan serangan. Kemampuan itu akan diuji di Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/)

Untuk tim nasional, Oleksandr Zinchenko berperan sebagai gelandang, bertugas mendikte permainan dengan jangkauan umpannya yang ahli, sekaligus memimpin tim sebagai kapten. 

Pemain milik Arsenal FC memang menonjol di posisi tersebut untuk Ukraina, terutama jika bek sayap Everton FC Vitaliy Mykolenko tampil baik di sisi kiri pertahanan. 

Zinchenko yang memiliki posisi natural bek kiri, tidak sendirian dalam menyerang. Gelandang Chelsea FC Mykhailo Mudryk memiliki kemampuan dan potensi untuk membuka pertahanan dengan kemampuan dribelnya yang di atas rata-rata. 

Sementara, Artem Dovbyk telah membuktikan kepada Girona musim ini bahwa ia adalah finisher yang mematikan. Namun, Zinchenko-lah yang memiliki kemampuan untuk menjaga segalanya tetap berjalan seimbang bagi Ukraina. Tanpanya, peluang mereka pasti akan lebih kecil.

Profil Tim Ukraina
Nama Asosiasi: Ukrainian Football Association (UAF)
Berdiri: 6 Maret 1991
Presiden: Andriy Shevchenko
Julukan: The Blue and Yellow
Pelatih: Serhiy Rebrov
Kapten: Andriy Yarmolenko
Tampil di Piala Eropa: 4 (2012, 2016, 2020, 2024)
Gelar: - 

Skuad Sementara Timnas Ukraina

Kiper
Heorhiy Bushchan
Andriy Lunin
Anatoliy Trubin

Belakang
Mykola Matviyenko
Vitaliy Mykolenko
Illya Zabarnyi
Oleksandr Tymchyk
Yukhym Konoplya
Bohdan Mykhaylichenko
Oleksandr Svatok
Valeriy Bondar
Maksym Talovyerov

Tengah
Andriy Yarmolenko
Taras Stepanenko
Oleksandr Zinchenko
Serhiy Sydorchuk
Ruslan Malinovskyi
Viktor Tsyhankov
Oleksandr Zubkov
Mykola Shaparenko
Mykhailo Mudryk
Heorhiy Sudakov
Volodymyr Brazhko

Depan
Roman Yaremchuk
Artem Dovbyk
Vladyslav Vanat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat