sveosportu.com

PSM Sudah Kantongi Pemain Incaran buat Musim Depan

Cover PSM Makassar.jpg

- PSM Makassar tidak buang waktu untuk melakukan evaluasi tim pasca Liga 1 2023-2024. Bahkan, mereka sudah menyiapkan rencana buat musim depan.

Diketahui, skuad PSM Makassar saat ini sudah diliburkan setelah menyelesaikan perjuangan di fase reguler Liga 1 2023-2024.

Namun, sebelum itu, manajemen sempat duduk bersama dengan staf pelatih untuk mengevaluasi performa Juku Eja dalam dua tahun terakhir, alias selama dipegang Bernardo Tavares.

Mereka membicarakan apa saja yang bisa dilakukan buat meningkatkan kualitas tim musim depan, termasuk soal perekrutan pemain. 

Dan, kini PSM Makassar sudah mengantongi sederet nama incaran, baik lokal maupun asing, yang siap direkrut untuk Liga 1 2024-2025.

"Memang terakhir saya harus menyetujui, ada beberapa yang masuk list lokal maupun asing. Karena peraturan baru pun belum ketahuan berapa pemain asing bisa direkrut. Tapi cara kita menghitung sekarang, ya, sesuai komposisi yang ada sekarang," kata Direktur Utama PSM Makassar, Sadikin Aksa.

Juara Liga 1 2022-2023 ini belajar dari pengalaman awal musim lalu, ketika kurang sigap menyiapkan tim sehingga keteteran dalam persaingan.

Jadi, mereka akan bergerak lebih cepat. Namun, soal komposisi skuad nantinya, Sadikin Aksa menegaskan bahwa itu tetap menjadi kewenangan Bernardo Tavares.

"Dari dulu saya tidak pernah urusi tim. Tim itu saya serahkan sepenuhnya ke pelatih. Pelatih juga total latihan saja. Pemain itu tidak semua orang tahu," ujar pengusaha berusia 46 tahun itu.

"Saya percaya tim pelatih bisa memilih pemain-pemain. Termasuk pemain muda dan tim yang paling banyak memainkan pemain muda. Itu tujuan kita ke depan, secara keuangan PSM berkelanjutan," dia menambahkan.

Sadikin Aksa percaya bahwa Bernardo Tavares memiliki tangan dingin. Dia berharap pelatih asal Portugal itu kembali mengantar Juku Eja ke puncak sukses, seperti dua musim lalu.

"Saya serahkan sepenuhnya ke coach Tavares untuk mengutak-atik tim. Dia pasti ada jalan kok. Buktinya dulu banyak orang yang tidak mau ke PSM, kami bisa juara," lanjut sosok yang juga politikus ini.

PSM Makassar memang kurang memuaskan sepanjang Liga 1 2023-2024. Diprediksi mampu bersaing mempertahankan gelar juara, Yakob Sayuri dan kawan-kawan justru kepayahan.

Pada akhirnya, Juku Eja hanya bisa finis di peringkat kesebelas klasemen akhir fase reguler, lebih dekat ke zona degradasi daripada championship series. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat