sveosportu.com

Thomas-Uber Cup 2024 Modal Indonesia untuk Olimpiade 2024

Indonesia jadi runner up Thomas-Uber Cup 2024

– Tim bulu tangkis Indonesia harus puas finis sebagai runner up dalam kejuaraan beregu Thomas Cup 2024 maupun Uber Cup 2024.

Langkah skuad putra maupun putri Merah Putih untuk jadi juara sama-sama terjegal oleh tim tuan rumah dalam laga final yang dihelat di Chengdu, Cina pada Minggu (5/5/2024).

Pada partai puncak Uber Cup 2024 yang digelar lebih dulu, Indonesia menyerah 0-3 dari Chen Yu Fei dan kawan-kawan dalam perebutan gelar.

Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting dan kolega gagal jadi juara Thomas Cup 2024 setelah takluk 1-3 dari Skuad Negeri Tirai Bambu.

Meski hanya jadi runner up Thomas-Uber Cup 2024, tim bulu tangkis Indonesia tetap mendapat apresiasi dari Menpora Dito Ariotedjo.

Menpora pun meyakini torehan positif skuad Indonesia di Chengdu dapat dipertahankan bahkan berlanjut saat menghadapi Olimpiade 2024 digelar di Paris, Prancis.

“Menang dan kalah di ajang Thomas dan Uber ini, saya tetap bangga terhadap semua pebulu tangkis kita,” kata Dito Ariotedjo.

“Ke depan, kami akan fokus Olimpiade 2024. Saya optimistis pebulu tangkis Indonesia bisa mempertahankan dan melanjutkan tren positif ini.

“Pemerintah akan mendukung penuh para atlet untuk berprestasi di Olimpiade,” menteri 33 tahun itu melanjutkan.

Lebih lanjut, Dito menyampaikan harapan senada kepada para atlet dari cabang olahraga lainnya yang telah menggenggam tiket lolos Olimpiade 2024.

Oleh karena itu, ia meminta para atlet terus fokus mengikuti pelatnas untuk mematangkan persiapan menuju pesta olahraga paling bergengsi empat tahunan ini.

“Saya ingin semua atlet yang sudah lolos Olimpiade 2024 untuk terus fokus berlatih bersama pelatnas,” tuturnya. 

“Seperti para atlet yang sudah berjuang di ajang Thomas dan Uber Cup ini, mereka masih akan mengikuti beberapa kejuaraan internasional dan fokus menuju Olimpiade 2024.”

Indonesia sendiri telah dipastikan mengirim enam perwakilan untuk berlaga dalam cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade 2024.

Kepastian ini berdasarkan perhitungan poin dalam peringkat kualfikasi Race to Paris yang sudah ditutup pada 28 April 2024.

Tunggal putra jadi satu-satunya sektor yang berhasil mengirim dua perwakilan, melalui Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Sisanya, tim bulu tangkis Indonesia mengirim masing-masing satu wakil di empat nomor lainnya. 

Gregoria Mariska Tunjung jadi ujung tombak di nomor tunggal putri sedangkan duo Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi andalan nomor ganda putri.

Sementara itu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi satu-satunya wakil ganda putra Indonesia di Olimpiade 2024.

Sedangkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan turun mewakili Indonesia di nomor ganda campuran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat