sveosportu.com

Rapor Pemain Indonesia di Eropa, Pekan Ketiga Mei 2024

pemain indonesia di eropa

- Memasuki pengujung musim, tak banyak lagi kompetisi berjalan. Namun, beberapa pemain asal Indonesia di Eropa masih merumput.

Sebagai informasi, ada sepuluh nama berpaspor Indonesia yang meniti karier di Benua Biru.

Mereka adalah Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (KAS Eupen), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Elkan Baggott (Ipswich Town), serta Jay Idzes (Venezia FC).

Sebagian besar sudah menyelesaikan kompetisi bersama klub masing-masing, tapi tetap ada yang bertanding pekan lalu. Berikut rekap singkatnya:

Belanda

Thom Haye sempat memberi assist perpisahan kepada SC Heerenveen dalam laga pamungkas Eredivisie 2023-2024 kontra Sparta Rotterdam, Minggu (19/5/2024).

Masuk sebagai pengganti di menit ke-74, gelandang 29 tahun itu mengirim umpan untuk gol balasan timnya yang diciptakan Pawel Bochniewicz di pengujung laga. Sayang, SC Heerenveen harus takluk 1-2.

Ini penampilan terakhir pula bagi Thom Haye bersama SC Heerenveen karena kontraknya habis 30 Juni mendatang.  

Adapun Nathan Tjoe-A-On, yang satu tim dengan Thom Haye, tak masuk skuad ketika menghadapi Sparta. Dia juga akan kembali ke klub induknya, Swansea City, setelah masa pinjamannya selesai.

Pada hari yang sama, Ragnar Oratmangoen juga ada laga bersama Fortuna Sittard. Namun, penyerang Timnas Indonesia itu hanya duduk di bangku cadangan sampai duel versus Heracles Almelo rampung.

Dia sudah tak merumput dalam dua laga terakhir di Eredivisie, dan musim depan akan kembali ke klub pemiliknya, FC Groningen.

Turun ke kasta kedua, Eerste Divisie, ada dua pemain lagi asal Indonesia, yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Ivar tak merumput bersama Jong Utrecht karena kompetisi reguler sudah berakhir, dua pekan lalu. Lagi pula, dia baru saja pulang dari membela Timnas U-23 Indonesia kala itu.

Rafael Struick belum masuk tim ADO Den Haag sejak selesai membela Garuda Muda. Bedanya, ADO Den Haag masih berjuang untuk promosi ke Eredivisie lewat jalur play-off.

Laga terdekat adalah leg pertama semifinal kontra SBV Excelsior, Rabu (22/5/2024). 

Belgia

KV Mechelen, klub yang diperkuat Sandy Walsh, masih bertanding di Belgian Pro League 2023-2024, tepatnya play-off memperebutkan tiket Europa Conference League musim depan.

Sabtu (18/5/2024) lalu, mereka menghadapi KVC Westerlo dan menang 2-0. Sayangnya, Sandy Walsh hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Sementara, Shayne Pattynama sudah menyelesaikan play-off degradasi bersama KAS Eupen, dua pekan lalu. Dia saat ini tak ada agenda selain menunggu tugas bersama Timnas Indonesia, bulan depan.

Marselino Ferdinan, di kasta kedua, alias Challenger Pro League 2023-2024, tak pernah lagi memperkuat KMSK Deinze sejak pulang dari Timnas U-23 Indonesia.

Musim ini dia cuma main tiga kali sebagai pengganti, dan kemungkinan hengkang saat kontraknya habis 30 Juni mendatang.

Inggris

Elkan Baggott juga tak ada agenda setelah menyelesaikan masa pinjaman di Bristol Rovers. Bek jangkung ini sudah kembali ke Ipswich Town, yang baru saja promosi ke Premier League.

Elkan diketahui sedang berlibur, dan tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak dan Filipina, awal Juni nanti.

Italia

Jay Idzes terakhir membela Venezia FC pada pekan pamungkas Serie B kontra Spezia, dua pekan lalu.

Kini, dia bersiap menghadapi leg pertama semifinal play-off promosi melawan Palermo, Senin (20/5/2024) alias Selasa dini hari WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat