sveosportu.com

Rumor Rizky Ridho Ditebus Persebaya dan Statistik di Persija

rizky ridho persija

- Liga 1 2023-2024 belum benar-benar berakhir, namun bursa transfer pemain sudah ramai diperbincangkan. Salah satunya soal Rizky Ridho.

Nama Rizky Ridho belakangan banyak diperbincangkan pencinta sepak bola Tanah Air terkait statusnya pada bursa transfer periode awal musim nanti.

Beredar rumor bahwa bek milik Persija Jakarta itu bakal ditebus Persebaya Surabaya, demi bisa dikembalikan ke Kota Pahlawan, julukan Surabaya.

Rizky Ridho memang baru bergabung dengan Persija pada April 2023 setelah tidak diperpanjang Persebaya, dan diikat kontrak jangka panjang di Jakarta.

Macan Kemayoran, julukan Persija, mengikatnya dengan kontrak tiga musim, yang artinya masih tersisa dua musim lagi setelah usai Liga 1 2023-2024.

Adapun pada rumor Rizky Ridho ini, juga muncul kabar tidak ada penebusan uang dari pihak Persebaya, melainkan ditransfer dengan penukaran pemain.

Nama yang muncul adalah Ernando Ari atau Bruno Moreira, yang harus diberikan ke Persija jika ingin Rizky Ridho kembali ke Bajul Ijo, julukan Persebaya.

Menariknya, walaupun bek berusia 22 tahun itu merupakan pemain utama, tidak sedikit suporter Persija yang legawa menerima kepergiannya dari tim.

Terlepas dari opsi penukaran pemain yang muncul, alasan lain adalah bersama Macan Kemayoran ia dinilai tampil tak sebaik kala membela Timnas Indonesia.

Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho saat diresmikan sebagai pemain Persija Jakarta setelah sebelumnya membela Persebaya Surabaya, April 2023. (Dok. Media Persija Jakarta)
Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho saat diresmikan sebagai pemain Persija Jakarta setelah sebelumnya membela Persebaya Surabaya, April 2023. (Dok. Media Persija Jakarta)

Lantas seperti apa statistik penampilan Rizky Ridho bersama Persija di Liga 1 2023-2024? Berikut ini uraiannya, berdasarkan data dari Statoskop:

Bek setinggi 183 centimeter itu tampil 24 kali dari 34 pertandingan yang dijalani tim. Ia tiga kali absen karena sanksi kartu, selebihnya dipanggil timnas.

Dari 24 laga yang dijalani di Liga 1 2023-2024, hanya sekali Rizky Ridho tidak tampil sejak awal dan keseluruhan sudah menjalani 2.109 menit bermian.

Seraya saat membela negara, ia juga kerap membantu serangan untuk Macan Kemayoran. Satu gol dan satu assist diciptakannya dari 24 pertandingan.

Soal akurasi umpannya mencapai 87 persen, dan sangat aktif dalam aksi bertahan yakni melakukan tekel, intersep, sapuan bola, hingga blok tembakan.

Bersama Persija, ia pun "rajin" mengoleksi kartu dari wasit, yang tidak lepas karena banyaknya pelanggaran yang dilakukannya sepanjang laga.

Rapor Penampilan Rizky Ridho untuk Persija Jakarta di Liga 1 2023-2024:

Main: 24
Menit tampil: 2.109

Menyerang

1 Gol
1 Assist
6 Umpan kunci
15 Tembakan
8 Tembakan terarah
54% Akurasi tembakan

Permainan Tim

1.161 Umpan
1.008 Umpan sukses
87% Akurasi umpan
2 Umpan silang
4 Umpan terobosan
38 Umpan kepala

Bertahan

89 Tekel
53 Tekel sukses
92 Intersep
91 Sapuan
20 Blok tembakan

Pelanggaran

31 Melanggar
9 Dilanggar
1 Offside
9 Kartu kuning
1 Kartu kuning-merah
1 Kartu merah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat