sveosportu.com

STY: Kondisi Ernando Ari Baik, Siap Turun Lawan Filipina

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

- Kiper utama Timnas Indonesia, Ernando Ari, tampaknya akan kembali tampil sejak menit pertama kontra Filipina.

Hal itu diisyaratkan pelatih Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (10/6/2024) siang.

Sebelumnya, penjaga gawang 22 tahun tersebut tampak sangat terpukul usai melakukan blunder yang menyebabkan gol Irak pada laga di SUGBK, Kamis (6/6/2024) lalu.

Dalam kondisi tertinggal 0-1, Ernando Ari coba mengontrol bola di kotak penalti namun berhasil direbut pemain lawan, yang langsung menceploskannya ke gawang kosong. Timnas Indonesia akhirnya kalah 0-2.

Usai laga, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa dirinya akan memberi waktu kepada sang kiper untuk menenangkan diri dan berdamai dengan kesalahannya.

Kini, beberapa hari berlalu, pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan bahwa kondisi Ernando Ari sudah jauh membaik dan siap turun kembali di bawah mistar tim Garuda.

"Memang, kemarin Ernando melakukan kesalahan, saya mengakui itu. Tetapi, dengan kesalahan-kesalahan tersebut, pemain justru bisa berkembang menjadi lebih baik," ujar Shin Tae-yong

"Jadi, saya tidak terlalu mempermasalahkan itu. Ernando sekarang dalam kondisi baik dan sudah mempersiapkan diri," tambahnya.

Seandainya Ernando Ari kurang siap pun, Timnas Indonesia sejatinya masih punya penjaga gawang alternatif dalam diri Nadeo Argawinata dan Adi Satryo.

Ernando Ari Sutaryadi vs Irak. (Mario Sonatha untuk )
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, tertunduk menyesali gawangnya yang kebobolan dan kalah dari Irak pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 6 Juni 2024. (Mario Sonatha untuk )

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga mengungkapkan kondisi kesehatannya jelang pertandingan lawan Filipina di SUBK, Selasa (11/6/2024) besok.

Seperti diketahui, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu sempat stres jelang laga versus Irak, bahkan sampai mendatangi rumah sakit.

Tapi, sekarang sosok 53 tahun itu mengaku sudah baikan. Hanya ada sedikit flu yang tersisa.

"Sekarang sakit sih tidak, tapi ada flu sedikit parah. Mungkin masalah batuk aja ya sebenarnya, dan tidak stres juga," kata Shin Tae-yong.

Dia justru lebih memikirkan kondisi para pemain dan bagaimana Timnas Indonesia bisa tampil maksimal besok melawan Filipina.

Meski sempat kalah lawan Irak, Shin Tae-yong yakin pasukan Garuda bakal bangkit dan amankan tiga poin di SUGBK.

"Para pemain seperti biasa, mereka mempersiapkan diri dengan baik. Memang yang namanya pertandingan bisa menang bisa kalah. Misalnya lawan Irak, ranking kita beda jauh,134 ke 58, tapi kita tetap bisa memberikan yang terbaik dan tidak beda jauh secara kemampuan. Saya yakin ke depannya tim akan terus meningkat, jadi saya mohon dukungannya," kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, hanya unggul satu poin dari Vietnam yang ketat membuntui.

Agar bisa lolos ke babak selanjutnya, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan wajib menang atas Filipina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat