sveosportu.com

Shin Tae-yong: Malik Risaldi Diperlukan Timnas Indonesia

Malik Risaldi sebagai pemain Timnas Indonesia. (Foto Firas Naufal/Grafis Hendy Andika/Skor.id)

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan alasannya memanggil Malik Risaldi pada FIFA Matchday periode Juni 2024.

Malik Risaldi semula tidak masuk dalam 22 nama yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, tepatnya yang dirilisi PSSI pada 16 Mei 2024.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, yakni pada 31 Mei 2024, penyerang sayap Madura United itu jadi pemain susulan yang dipanggil pelatih.

Itu seperti yang diungkapkan Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, dan tepatnya dipanggil ke skuad Garuda setelah Yance Sayuri mengalami cedera.

Malik Risaldi dipanggil menyusul bersama Nadeo Argawinata (Borneo FC) untuk melengkapi slot penjaga gawang karena sebelumnya baru ada dua.

Walaupun baru tiba karena harus membela Madura United di final Championship Series Liga 1 2023-2024, Malik Risaldi lekas mendapatkan kesempatan.

Pada laga uji coba internasional menghadapi Timnsa Tanzania, Minggu (2/6/2024) sore, ia dimainkan sebagai pengganti Marselino Ferdinan di menit ke-78.

Bertempat di Stadion Madya, Jakarta, pemain berusia 27 tahun itu belum mampu menyumbang gol ataupun assist dan pertandingan pun berakhir 0-0.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setelah memberikan keterangan pers usai laga uji coba lawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, 2 Juni 2024. (Firas Naufal/)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setelah memberikan keterangan pers usai laga uji coba lawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, 2 Juni 2024. (Firas Naufal/)

Selepas pertandingan, Shin Tae-yong menegaskan bahwa keberadaan pemainnya itu penting di skuad Garuda, dan ada bukan karena sembarang pilih.

"Malik dipilih karena bermain baik di Liga 1 dan Malik memang pemain yang diperlukan oleh saya di tim," pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan.

Sementara itu sang juru taktik juga mengomentari soal pemanggilan pemain lain, yakni Dimas Drajad yang menjadi pilihan dibanding striker lokal lain.

Diketahui ada dua ujung tombak lain yang sering dipanggil, namun tidak di agenda Timnas Indonesia kali ini yaitu Ramadhan Sananta dan Hokky Caraka.

"Untuk alasan kenapa lebih pilih Dimas, karena Piala Asia u-23 sudah selesai. Hokky dan Sananta juga bisa di U-23 dan senior, karena ini antisipasi untuk Piala Asia u-23 juga kemarin," ucap Shin Tae-yong.

Adapun pada FIFA Matchday periode Juni 2024, Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani dua laga terakhir di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunai 2026.

Pada persaingan Grup F, pasukan Garuda bakal menjamu Timnas Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 6 dan 11 Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat