sveosportu.com

Singapore Open 2024: Gregoria dan Bagas/Fikri ke 16 Besar

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung (Dede Mauladi/Skor.id)

– Gregoria Mariska Tunjung dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berhasil mengamankan kemenangan pada babak pertama Singapore Open 2024.

Kemenangan wakil Indonesia dibuka oleh aksi Gregoria yang mengalahkan Zhang Beiwen (Amerika Serikat) pada hari pertama turnamen, Selasa (28/5/2024) di Singapore Indoor Stadium.

Tunggal putri peringkat sembilan dunia itu menang dua gim langsung, 21-18, 21-12, dan berhak melaju ke babak 16 besar.

“Di pertandingan tadi bisa dibilang saya cukup nyaman dengan apa yang saya tampilkan walau di gim pertama poinnya tipis, tapi saya merasa bisa cukup tenang untuk mengeluarkan variasi-variasi pola dan pukulan,” kata Gregoria. 

“Di gim kedua, lawan cukup banyak melakukan kesalahan sendiri dan itu menguntungkan.”

Gregoria mengatakan waktu istirahat yang cukup jadi salah satu faktor dirinya bisa tampil lebih siap dalam Singapore Open 2024.

Atlet kelahiran Wonogiri itu pada pekan lalu memilih absen tampil di Malaysia Masters 2024 setelah turun pada Thailand Open 2024.

“Tidak tampil di Malaysia minggu lalu membuat saya punya waktu istirahat yang digunakan sebaik mungkin untuk recovery fisik dan pikiran,” tuturnya.

“Semoga hal itu bisa membantu saya menampilkan yang terbaik di turnamen kali ini.”

Sementara itu, duel sesama wakil Indonesia langsung tersaji pada babak pertama sektor ganda putra, mempertemukan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri melawan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Perang saudara itu akhirnya dimenangkan Bagas/Fikri setelah mengakhiri laga dengan skor 8-21, 23-21, 21-16.

“Setelah kalah di gim pertama, kami coba menambah kecepatan di gim kedua untuk mengungguli mereka. Dari situ dapat beberapa poin, hanya masih banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Fikri.

“Beruntung bisa membalikkan keadaan setelah The Daddies sempat match point duluan.”

“Di gim ketiga kami mencoba mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri karena akan menjadi percuma ketika kecepatan kami sudah bagus tapi diakhiri dengan kesalahan,” imbuh Fikri.

Selanjutnya, Bagas/Fikri akan menantang unggulan ketiga, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan) pada babak kedua.

Kang/Seo sendiri lolos ke babak kedua setelah mengalahkan ganda putra Indonesia lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Martin dengan rubber game 8-21, 22-20, 21-14.

“Lawan Kang/Seo di babak kedua, kami harus menonton lagi video pertandingannya. Lalu berkomunikasi dengan Fikri dan pelatih untuk merancang strategi,” ucap Bagas soal strateginya untuk babak kedua.

Sedangkan Fikri ingin memperbaiki pukulan untuk memantapkan permainan jelang laga melawan Kang/Seo. 

“Pukulan kami masih kurang enak, ini harus dimantapkan lagi untuk lusa. Tidak akan mudah melawan Kang/Seo, kami harus bisa bermain sabar karena permainan mereka rapat dan sulit ditembus,” tutur Fikri.

Tim bulu tangkis Indonesia masih punya peluang untuk menambah wakil ke babak kedua Singapore Open 2024.

Dari sektor tunggal putra, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo baru akan mengawali perjuangan pada hari kedua turnamen, Rabu (29/5/2024).

Diikuti oleh wakil Merah Putih lainnya di nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani.

Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga baru bermain besok. Begitupun dengan satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat