sveosportu.com

Kalah di Italia, Rafael Nadal Tatap French Open 2024

Rafael Nadal

– Petenis veteran Rafael Nadal bertekad tetap turun di turnamen Grand Slam French Open 2024 walau kondisi fisiknya belum 100 persen maksimal.

Pemilik 22 gelar Grand Slam itu pun sempat ragu bisa bersaing di Roland Garros menyusul kekalahan yang dialami di Italian Open 2024.

Rafael Nadal tersisih usai kalah 1-6, 3-6 dari Hubert Hurkacz dalam laga babak 64 besar Italian Open 2024 yang digelar Sabtu (11/5/2024).

Meski demikian, Nadal tetap optimistis bisa menemukan cara untuk tampil lebih baik di French Open 2024 dengan sisa waktu persiapan yang ada.

“Anda dapat melihat hari ini di lapangan betapa sulitnya ini. Itulah jawabannya, bukan? Ya, itu adalah pilihan yang bisa terjadi hari ini dan Anda harus menerimanya,” ujar Nadal.

“Mungkin ada yang mengatakan, ‘Oke, saya belum siap, saya tidak bermain cukup baik.’ Maka inilah saatnya untuk mengambil keputusan untuk tidak bermain di Roland Garros.”

“Namun saya menerima keadaan saat ini dan bekerja dengan cara yang tepat untuk mencoba tampil berbeda dalam dua minggu,” tuturnya.

Rafael Nadal awalnya berencana turun di seluruh turnamen tenis pada musim 2024 setelah melewatkan sebagian besar musim lalu karena cedera pinggul.

Namun, masalah perut yang dialami saat turun di Brisbane International 2024 awal Januari lalu menambah masalah baru.

Karena kondisi tersebut, Nadal terhenti di perempat final Brisbane International 2024 hingga akhirnya terpaksa batal tampil di turnamen Grand Slam Australian Open 2024.

Selanjutnya, atlet 37 tahun itu juga mundur dari BNP Paribas Open setelah melakoni pertandingan ekshibisi kontra Carlos Alcaraz di Las Vegas, Maret lalu.

Penampilannya di rangkaian turnamen lapangan tanah liat pada musim ini pun harus tertunda ketika ia memilih absen di Monte-Carlo Masters 2024.

Saat itu, Nadal mundur karena merasa kondisinya belum memungkinkan untuk bertanding secara kompetitif.

Setelah melipir dari lapangan selama kurang lebih sebulan, Nadal akhirnya melakoni comeback di Barcelona Open dan Madrid Open.

Hasilnya, Nadal terhenti di babak 32 besar Barcelona Open 2024 lalu tersisih di fase 16 besar Madrid Open 2024.

Meski belum kembali ke performa terbaik, Nadal disebut terus berupaya sekuat tenaga agar bisa tampil sebaik mungkin di Roland Garros untuk kali terakhir sebelum pensiun.

Apalagi Nadal punya rekor ciamik di French Open yang membuatnya dijuluki ‘King of Clay’. Dari 22 gelar Grand Slam yang dimiliki, 14 di antaranya diraih di Roland Garros.

“Keputusan tersebut, seperti yang dapat Anda bayangkan, tidak jelas dalam pikiran saya hari ini,” Nadal menjelaskan.

“Tetapi jika saya harus mengatakan apa yang saya rasakan dan jika pikiran saya lebih dekat, saya mengatakan akan berada di Roland Garros dan mencoba yang terbaik.”

“Secara fisik saya mempunyai beberapa masalah tetapi mungkin belum cukup untuk mengatakan tidak bermain di ajang terpenting dalam karier tenis saya,” katanya. 

“Mari kita lihat apa yang terjadi, bagaimana perasaan saya secara mental besok, lusa, dan dalam satu minggu.”

“Jika saya merasa siap, saya akan mencoba untuk berada di sana dan memperjuangkan hal-hal yang telah saya perjuangkan selama 15 tahun terakhir. Namun, sekarang tampaknya mustahil,” tuturnya.

Sementara itu, French Open 2024 baru akan bergulir mulai 20 Mei hingga 9 Juni di Stade Roland Garros, Paris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat