sveosportu.com

Performa WRT 31 Menjanjikan Selama Test Day Le Mans

Team WRT 31 dalam Test Day 24 Hours of Le Mans

Team WRT 31 yang diperkuat oleh Sean Gelael memperlihatkan performa menjanjikan selama Test Day 24 Hours of Le Mans di Sirkuit de la Sarthe, Prancis, Minggu (9/6/2024) kemarin. 

Test Day yang menjadi rangkaian dari event 24 Hours of Le Mans, putaran keempat FIA World Endurance Championship, terbagi dalam dua sesi, pagi dan sore. 

Pada sesi pagi atau FP1, Augusto Farfus turun ke trek sebagai pembalap pertama WRT 31. Ia menghabiskan waktu untuk pengenalan mobil BMW M4 GT3 yang baru kali pertama tampil di Le Mans.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan pembalap asal Brasil itu melakukan simulasi setelan (setup) mobil untuk lomba. Setelahnya, Sean Gelael mengambil alih.

Sean langsung melesat dan membukukan waktu tercepat Team WRT 31 pada sesi pertama, yakni 4:00,929. Ia ada di urutan ketiga (P3) kelas LMGT3, di belakang dua mobil Akkodis ASP Team nomor 78 dan 87.

Team WRT 31 di Test Day Le Mans 2024
Team WRT 31 saat tampil dalam Test Day 24 Hours of Le Mans 2024 di Sirkuit de la Sarthe, Prancis. (Dok. Team Jagonya Ayam)

Momen menjanjikan diperlihatkan WRT 31 dalam FP2 yang berlangsung pada sore hari waktu setempat. Rekan setim Sean dan Farfus, Darren Leung tampil lebih dulu dengan ban baru. 

Pembalap Inggris ini hanya diberi target untuk lebih mengenal sirkuit mengingat statusnya sebagai rookie FIA WEC dan selama FP1 hanya mendapat sedikit waktu mengemudikan mobil.

Sean Gelael beraksi lagi setelahnya. Dengan ban bekas Leung, ia malah mampu tampil cepat dan konsisten. Sang pembalap membukukan catatan tajam waktu di bawah 4 menit pertama untuk WRT 31, 3:59,922. 

Tak hanya itu, Sean juga konsisten berada pada kisaran waktu putaran 4:01 dan 4:02 dalam simulasi lomba dengan rataan 4:01,466. Seperti di FP1, torehannya membawa timnya naik ke P2 hingga separuh jalan FP2.    

Menariknya, dengan ban sama alias yang dipakai kedua rekannya, setelah itu Farfus tampil sama baiknya dengan Sean. Bahkan memperbaiki catatan waktu sang kolega walau hanya 0,002 detik, jadi 3:59,920.

Torehan waktu lap Farfus sama persis dengan penghuni P1 saat itu, mobil Heart of Racing Team 27. Untuk race run atau simulasi lomba, ia juga tampil sangat kompetitif menggunakan ban bekas. 

Sean Gelael
Pembalap Team WRT 31 Sean Gelael tampak berbincang dengan rekan setimnya Augusto Farfus. (Dok. Team Jagonya Ayam)

Dengan mengabaikan lap time saat traffic, Augusto Farfus membuat rataan 4:00,776. Jelas ini hasil yang sangat menjanjikan bagi WRT 31 sebagai tim yang merupakan global partner Pertamax Turbo di FIA WEC.

“Kami senang hari ini karena menjalankan tes dan program dengan baik. Saya dan Sean mampu memanfaatkan kondisi ban dengan maksimal. Semoga performa ini berlanjut hingga lomba,” kata Farfus.

Pembalap TF Sport 82, Sebastien Baud, menutup sesi FP2 sebagai yang tercepat sekaligus menggusur WRT 31 ke urutan tiga. Selisih waktu mereka sangat tipis, hanya 0,037 detik. 

Race 24 Hours of Le Mans 2024 nantinya bisa disaksikan langsung di kanal YouTube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com mulai Sabtu (15/6/2024) pukul 21.00 WIB.

Live streaming balapan ketahanan ikonik ini merupakan persembahan dari Pertamax Turbo sebagai global partner Team WRT, juga KFC, Bank Mandiri, Telkomsel, serta MIND ID.     

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat