sveosportu.com

Shin Tae-yong Tekankan soal Pede untuk Lawan Timnas Irak

Shin Tae-yong

 Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menekankan soal kepercayaan diri jelang pertandingan menjamu Irak pada Kamis (6/6/2024) sore.

Timnas Indonesia bakal melanjutkan perjuangannya di Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Pasukan Garuda yang berada di peringkat kedua klasemen sementara membutuhkan tambahan tiga poin untuk memastikan diri lolos ke putaran selanjutnya.

Walaupun masih memiliki satu laga lainnya yang di atas kertas lebih mudah, namun Shin Tae-yong ingin secepatnya memastikan kelolosan.

Pada duel terakhirnya di Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Filipina di SUGBK pada 11 Juni 2024.

Menghadapi Timnas Irak, Shin Tae-yong menyadari itu bukan pertandingan yang mudah karena lawannya tersebut adalah tim yang kuat.

Namun dia merasa yakin Timnas Indonesia bisa meraih hasil manis. Untuk itu, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan diminta tampil percaya diri dalam laga nanti.

Jika dilihat dari Ranking FIFA, Timnas Irak memang berada jauh di atas Indonesia, yakni peringkat ke-58 berbanding dengan posisi 134.

Shin Tae-yong dan Jordi Amat preskon Indonesia vs Irak.jpg
Pelatih Timnas Indonesia, Shin  Tae-yong (jaket hitam) dan pemainnya Jordi Amat dalam sesi konfrensi pers jelang menjamu Irak, di Hotel Sultan, Jakarta, pada 5 Juni 2024. (Yogi Gandanaya/)

“Irak merupakan tim yang baik dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia. Tetapi sekarang sudah waktunya kita bisa coba untuk meraih kemenangan,” kata Shin Tae-yong.

“Jadi yang penting, para pemain bisa bermain dengan percaya diri, mungkin saja bisa membawa hasil yang baik,” ia menambahkan pada sesi jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Demi memuluskan keinginannya meraih kemenangan, pelatih asal Korea Selatan itu pun terus menjaga kondisi mentalitas para pemain. Suntikan motivasi terus diberikan.

“Memang beda jauh secara Ranking FIFA, tetapi saya tetap memotivasi para pemain agar bisa tampil percaya diri karena kami sudah kompak dan kami levelnya sudah semakin meningkat,” ucap Shin Tae-yong.

Dalam persiapan menghadapi Timnas Irak, pasukan Garuda sudah "memanaskan mesin" dengan melakoni pertandingan uji coba selain berlatih.

Timnas Indonesia sempat menjajal kekuatan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, pada Minggu (2/6/2024) dan berakhir dengan skor 0-0.

“Memang pertandingan melawan Tanzania kemarin itu sangat membantu untuk kondisi para pemain dan kondisi pemain saat ini sangat baik,” kata Shin Tae-yong.

“Tim Irak memang tim yang bagus. Kami pastinya akan antisipasi bagaimana kami akan menyerang, bertahan, dan berjuang," ia memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat