sveosportu.com

UEFA Rilis Nama 18 Wasit untuk Euro 2024

UEFA telah memilih 18 wasit terbaiknya untuk memimpin laga-laga di Euro 2024. (Dede Mauladi/Skor.id)

– Komite Wasit Persatuan Asosiasi- asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengumumkan 18 wasit, tim asisten wasit mereka, dan ofisial video pertandingan serta ofisial pendukung pertandingan, yang akan memimpin 51 pertandingan di Euro 2024 yang akan berlangsung di Jerman pada 14 Juni sampai 14 Juli. 

Roberto Rosetti selaku Direktur Pelaksana Wasit UEFA menjelaskan, Euro 2024 merupakan turnamen tertinggi sepak bola tim nasional antarnegara Eropa dengan tim-tim terbaik yang akan bersaing. Itulah mengapa UEFA wajib memilih wasit-wasit terbaik untuk memimpin laga-laga ini. 

“Semua wasit yang dipilih telah tampil secara konsisten dengan standar tertinggi di kompetisi-kompetisi top UEFA, dan juga di kompetisi mereka. kompetisi domestik,” kata Rosetti seperti dikutip uefa.com

“Mereka telah mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk berada di posisi ini dan kami memiliki keyakinan penuh kepada mereka untuk menunjukkan kualitas mereka di turnamen final.”

Salah satu dari 18 nama yang dipilih UEFA adalah Szymon Marciniak. Melihat rekor dan caranya memimpin pertandingan yang pernah dipimpinnya, Marciniak disebut-sebut wasit terbaik di dunia saat ini.

Dalam beberapa musim terakhir, wasit asal Polandia itu memimpin final Piala Dunia 2022, final Liga Champions 2022-2023, dan final Piala Dunia Antarklub FIFA 2023. 

Mengingat tubuhnya yang berotot, tidak banyak pemain yang tertarik bermain-main dengan wasit berusia 43 tahun itu. 

Berikut nama-nama 18 wasit yang akan memimpin pertandingan-pertandingan di Euro 2024 (sesuai urutan abjad):

Artur Soares Dias (Portugal)
Jesus Gil Manzano (Spanyol)
Marco Guida (Italia)
Istvan Kovacs (Rumania)
Ivan Kruzliak (Slovakia)
Francois Letexier (Prancis)
Danny Makkelie (Belanda)
Szymon Marciniak (Polandia)
Halil Umut Meler (Turki)
Glenn Nyberg (Swedia)
Michael Oliver (Inggris)
Daniele Orsato (Italia)
Sandro Scharer (Swiss)
Daniel Siebert (Jerman)
Anthony Taylor (Inggris)
Clement Turpin (Prancis)
Slavko Vincic (Slovenia)
Felix Zwayer (Jerman)

Tim wasit pada setiap pertandingan akan terdiri dari seorang wasit, dua asisten wasit, seorang ofisial keempat, seorang asisten wasit cadangan di stadion, dan sebuah tim yang terdiri dari tiga ofisial video pertandingan. 

Ofisial pendukung pertandingan yang ditunjuk akan bertindak sebagai ofisial keempat pada pertandingan sesuai dengan daftar lengkap ofisial pertandingan yang tersedia di sini. 

Persiapan ofisial Euro 2024 meliputi kursus seluruh wasit, asisten wasit, dan ofisial video pertandingan dilangsungkan di Frankfurt, Jerman, pada pertengahan bulan Mei. 

Selama turnamen, wasit, asisten wasit, dan wasit pendukung akan bermarkas di Frankfurt. Ofisial video pertandingan akan berbasis di Leipzig dan selama pertandingan mereka akan beroperasi dari Pusat Siaran Internasional (International Broadcast Centre). 

Sementara itu, seperti pada Euro 2020 dan sebagai bagian dari kerja sama antara UEFA dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), wasit asal Argentina, Facundo Tello, bersama dua asistennya, akan bergabung dengan grup wasit Eropa di putaran final Euro 2024 di Jerman nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat