sveosportu.com

Indonesia Raih Emas Pertama Volleyball World Beach Pro Tour

Tim voli pantai putra Indonesia Bintang Akbar dan Sofyan Rachman Efendi

– Timnas voli pantai Indonesia melalui Bintang Akbar dan Sofyan Rachman Efendi sukses mengukir sejarah dengan meraih medali emas dalam ajang Volleyball World Beach Tour 2024.

Bintang dan Sofyan naik ke podium sebagai juara di Wuhan Qingshan Future, Cina, setelah mengalahkan wakil Brasil, Pedro Oliveira dan Henriquez Barros dalam partai final, Minggu (19/5/2024).  

Ini pencapaian luar biasa bagi Bintang Akbar dan Sofyan Rachman Efendi. Pada partisipasi kedua mereka dalam World Beach Pro Tour sudah mampu menyabet medali emas. 

Pasangan berusia 23 dan 21 tahun tersebut membuat progres signifikan setelah pada pekan sebelumnya finis di peringkat kelima pada debutnya dalam turnamen voli pantai bergengsi di Pingtan, Cina. 

Pada seri di Wuhan, Bintang dan Sofyan menjadi unggulan kelima dalam main draw. Mereka tampil sangat impresif sepanjang turnamen, tak terkalahkan dalam lima pertandingan yang dilakoni.

Tim Merah Putih hanya kehilangan dua set. Pertama ketika terlibat pertarungan ketat dengan pasangan Thailand Pithak Tipjan dan Poravid Taovato. Bintang dan Sofyan menang 2-1 (18-21, 21-14, 16-14).

Yang kedua saat menghadapi Pedro dan Henrique, unggulan tiga asal Brasil, di final. Seperti melawan wakil Thailand, mereka pun sempat tertinggal sebelum comeback, menang 2-1 (16-21, 21-19, 15-11).

Sebelumnya, dalam laga semifinal, Bintang dan Sofyan juga melakoni duel sengit versus unggulan dua dari Kanada, Jake MacNeil dan Alexander Russell. Pevoli Indonesia unggul 2-0 (25-23, 22-20).

“Walaupun minggu ini lelah, kita akhiri dengan alhamdulillah medali emas,” tulis Sofyan dalam unggahan di akun media sosial Instagram miliknya, Senin (20/5/2024). 

Keberhasilan Bintang Akbar dan Sofyan Rachman Efendi pun diapresiasi tinggi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), yang disampaikan lewat media sosial resmi.

“Untuk pertama kalinya Tim Bola Voli Pantai Indonesia meraih medali emas dalam ajang Volleyball World Beach Pro Tour 2024 di Qingshan, Wuhan, Cina,” demikian bunyi pernyataan Kemenpora.

“Di laga final kemarin (19/5), wakil Indonesia, Bintang Akbar & Sofyan Rachman Efendi, mengalahkan wakil Brasil, Pedro Oliveira & Henrique Barros dengan skor akhir 2-1 (16-21, 21-19, 15-11).”

Volleyball World Beach Pro Tour adalah sirkuit voli pantai profesional tahunan, menampilkan atlet-atlet terbaik dunia yang mewakili negaranya dan diselenggarakan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Selain sejarah, emas yang diraih Bintang dan Sofyan di Cina menjadi makin Istimewa karena diraih dengan mengalahkan Brasil, yang mendominasi perolehan medali sejauh event musim ini bergulir sejak Februari.

Brasil telah mengoleksi total 14 keping medali, dengan rincian enam emas, tiga perak, dan lima perunggu. Di bawahnya ada Amerika Serikat yang telah mengantongi 11 medali, tiga di antaranya emas.

Sedangkan Indonesia berada di urutan 14 klasemen sementara, bersama Cile dan Republik Ceko, yang juga telah meraih satu medali emas sejauh ini. 

Indonesia sebenarnya tampil baik di sektor putri Volleyball World Beach Pro Tour 2024 di Wuhan. Namun, pasangan Merah Putih, Nur Sari dan Desi Ratnasari belum bisa mencapai podium.

Mereka gagal mendulang medali dalam laga perebutan posisi ketiga atau perunggu. Nur dan Desi takluk dari wakil tuan rumah, Wang Xinxin dan Xing Jiayi, setelah berjuang tiga set, 1-2 (21-16, 20-22, 10-15).         

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat