sveosportu.com

Kekuatan Lini Serang Timnas U-23 Indonesia

- Timnas U-23 Indonesia akan berlaga dalam Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Qatar.

Adapun, ajang Piala Asia U-23 2024 dijadwalkan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 28 pemain guna mengikuti persiapan Timnas U-23 Indonesia yang berlangsung di Dubai.

Nantinya hanya 23 pemain yang bakal memperkuat Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024.

Dari daftar tersebut, terdapat tiga pemain yang akan diandalkan untuk menjadi juru gedor lini depan Timnas U-23 Indonesia.

Mereka adalah Rafael Struick (ADO Den Haag), Ramadhan Sananta (Persis Solo), dan Hokky Caraka (PSS Sleman).

Rafael Struick yang berstatus sebagai pemain abroad telah dilepas oleh klubnya, ADO Den Haag untuk bergabung ke skuad Timnas U-23 Indonesia.

Diketahui, Piala Asia U-23 tidak masuk dalam kalender FIFA atau termasuk dalam bagian FIFA Matchday.

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/)
Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/)

Tiga pemain itu memang menjadi opsi yang memungkinkan bagi Shin Tae-yong guna meracik komposisi lini serang timnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu telah mengetahui karakter dari masing-masing pemain. Sebab, ketiganya pun menjadi bagian lini depan Timnas Indonesia yang juga ditukangi Shin Tae-yong.

Jika dilihat dari skema yang diterapkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, dari tiga pemain itu, yang kerap menjadi pilihan utama adalah Rafael Struick dan Hokky Caraka.

Namun, jika merujuk statistik penampilan di klub masing-masing, Ramadhan Sananta memiliki catatan paling mentereng bersama Persis Solo.

Di ajang Liga 1 2023-2024, Ramadhan Sananta telah melakoni 23 penampilan dengan memiliki 1.365 menit bermain. Ia juga telah mengoleksi delapan gol.

"Mungkin saya harus bekerja keras karena apa yang coach Shin (Tae-yong) mau dari saya dan pemain lain juga mungkin saya harus lebih memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti," kata Ramdhan Sananta dalam keterangannya, (4/4/2024).

Sementara itu, Hokky Caraka tampil sebanyak 27 laga bersama PSS Sleman dengan total 1.963 menit main. Saat ini, ia telah mengemas empat gol.

Dan sebagai pemain muda, Rafael Struick telah diberi kepercayaan tiga kali tampil dengan ADO Den Haag di kompetisi divisi dua Liga Belanda musim 2023-2024.

Nantinya mereka akan ditopang dengan pemain sayap yang memiliki kecepatan seperti, Jeam Kelly Sroyer, Witan Sulaeman, dan Muhammad Fajar Fathurrahman. 

Timnas U-23 Indonesia sendiri tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

Garuda Muda kini tengah menjalani persiapan di Dubai yang dimulai sejak 2 April 2024.

Selama di Dubai, mereka sudah menggelar satu kali uji coba melawan Arab Saudi pada (5/4/2024). Hasilnya tim yang diperkuat Muhammad Ferarri dan kawan-kawan menderita kekalahan dengan skor 1-3. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat