sveosportu.com

8 Wanita Hebat yang Mengukir Sejarah dalam Dunia Olahraga

Ki-ka: Serena Williams, Marta, dan Yelena Isinbayeva (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) diperingati tiap tanggal 8 Maret, dan tahun ini jatuh pada Jumat (8/3/2024) ini.

Terkait perayaan Hari Perempuan Internasional 2024, merangkum deretan atlet wanita yang mencatat sejarah dan membawa perubahan dalam dunia olahraga. 

Olahraga, yang awalnya merupakan domain eksklusif laki-laki, kini telah berubah berkat prestasi yang dicapai oleh kaum perempuan. 

Ada yang menjadi korban diskriminasi, namun perjuangan dan prestasi mereka menjadi preseden dan inspirasi bagi banyak orang lainnya. 

Minat perempuan terhadap olahraga juga telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir.

Olahraga kompetitif telah berusia berabad-abad. Olimpiade dimulai sejak zaman Yunani kuno, ketika kekuatan fisik para pesertanya masih menjadi yang utama. 

Seiring bejalannya waktu, popularitas olahraga sebagai sebuah acara bagi masyarakat baru terjadi pada paruh kedua abad ke-21. 

Pada saat itu lingkungannya masih didominasi laki-laki. Mulai dari sepak bola, rugbi, tenis, senam, hingga atletik.

Dipimpin oleh beberapa pionir yang ulet, perempuan sedikit demi sedikit meruntuhkan hambatan tersebut.

Kaum Hawa mencapai tonggak sejarah dan menghilangkan diskriminasi untuk mencapai sesuatu yang saat ini terbilang normal.

Sekelompok anak perempuan kini jamak bermain sepak bola, hingga seorang ibu main basket bersama putranya atau bermain tenis. 

Wanita dalam Sejarah Olahraga

Banyak perempuan yang melanggar aturan demi mencapai kesetaraan atau sekadar diperbolehkan berolahraga. 

Nama Kathrine Switzer, sebagai contoh, tercantum dalam tinta emas sejarah olahraga justru karena alasan tersebut.

Pada 1967 Switzer berjuang mati-matian untuk mengatasi aturan yang melarang perempuan berkompetisi dalam lomba maraton. 

Switzer dan banyak orang lainnya menjadi preseden dengan berkompetisi. 

Hingga kemudian, wanita lainnya tercatat dalam buku sejarah karena berhasil mencapai prestasi, seperti pesenam Uni Soviet, Larisa Latynina, dengan 18 medali Olimpiadenya pada era 1960-an.

Dalam beberapa dekade terakhir, makin banyak perempuan berolahraga secara teratur dan makin banyak pula yang melakukannya pada level tertinggi. 

Keberhasilan mencapai level atas merupakan cerminan kerja keras mereka di lapangan. 

Dan inilah 8 olahragawan perempouan yang membuat sejarah dalam olahraga. Mereka melakukannya bukan hanya melalui karier mereka yang sempurna.

Melainkan dengan menjadi pionir dan “memecahkan langit-langit kaca”, menjadi inspirasi dan membuka jalan bagi wanita lain untuk mengikuti jejak mereka.

1. Serena Williams

Petenis Serena Williams menjadi terkenal dengan sangat cepat bersama saudara perempuannya Venus, dan tetap berada di puncak karier selama hampir dua dekade (era 2000-an hingga 2020).

Serena telah memenangkan empat medali emas Olimpiade dan total 39 gelar Grand Slam, 23 di antaranya di nomor tunggal (rekor untuk putri dan putra dalam Open Era).

Sisanya 14 gelar dari ganda putri (bersama saudara perempuannya Venus) dan 2 di ganda campuran.

2. Nadia Comaneci

Nama Nadia Comaneci akan selalu disandingkan dengan kata kesempurnaan. Pada usia 14 tahun pesenam Rumania ini tampil di Olimpiade Montreal 1976.

Nadia mencapai skor sempurna, 10 (yang pertama dalam sejarah), pada nomor palang asimetris dalam ajang multievent olahraga dunia itu. 

Bakat, keseimbangan, kelenturan, konsentrasi, kekuatan, dan banyak latihan menjadikan Nadia sebagai sosok legenda. 

Selama kariernya ia memenangkan total sembilan medali Olimpiade dan pensiun dari kompetisi pada tahun 1981, ketika usianya masih 20 tahun.

Quote Nadia Comaneci:

“Saya tidak lari dari tantangan, saya berlari ke arah tantangan tersebut karena satu-satunya cara untuk melepaskan diri dari rasa takut adalah dengan mengatasinya dan menginjak-injaknya di bawah kaki Anda.”

3. Edurne Pasaban

Mungkin tidak ada wanita lain dalam olahraga yang mampu melahap rekor seperti Edurne Pasaban. Perempuan dari Guipuzkoa, Spanyol, ini mendaki Mont Blanc pada usia 16 tahun.

Kemudian pada usia 28 tahun Pasaban menaklukkan Everest, sekaligus kali pertama ia mendaki gunung dengan tinggi di atas 8.000 meter. 

Namanya kemudian terukir dalam buku rekor pendakian gunung ketika pada 17 Mei 2010 mencapai puncak Shisha Pangma (8.027 meter di atas permukaan laut).

Pasaban pun menjadi wanita pertama yang menyelesaikan prestasi pendakian di 14 gunung dengan ketingggian di atas 8.000 meter.

4.  Alice Coachman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat