sveosportu.com

Alasan Piala AFF U-16 dan U-19 2024 Digelar di Luar Jakarta

cover arya sinulingga

- Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala AFF U-16 dan U-19 2024, namun PSSI tidak menempatkannya di Jakarta.

Jakarta dipastikan tidak menjadi kota pilihan PSSI saat Indonesia ditujunjuk AFF sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala AFF U-16 2024 dan Piala AFF U-19 2024.

Piala AFF U-16 2024 akan dilangsungkan di Solo pada 21 Juni sampai 4 Juli 2024, yang pertandingannya akan dimainkan di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari.

Sedangkan Piala AFF U-19 2024, digelar di Surabaya pada 17 hingga 29 Juli 2024, yakni dipusatkan di Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 November.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga pun menjelaskan kenapa dua turnamen itu tak ada yang dihelat di Jakarta seperti gelaran pada umumnya.

Untuk diketahui, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, biasanya menjadi markas utama dari Tim Nasional Indonesia saat menjalani pertandingan.

SUGBK atau Jakarta akhirnya tidak menjadi pilihan bagi PSSI, lantaran menilai ajang sepak bola berskala internasional tidak melulu harus dimainkan di sana.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)
Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia atau PSSI. (Dede Sopatal Mauladi/)

"Kami pengin jangan cuma terus-terusan di SUGBK, di Jakarta, di daerah lah gitu-gitu sih alasannya," kata Arya Sinulingga kepada awak media di Jakarta.

"Kami ingin lebih kepada penyebaran, supaya ya sepak bola ini, ya dimiliki oleh semua (daerah) bukan hanya dimiliki orang Jakarta," ia menambahkan.

Adapun sebagai persiapan menuju Piala AFF U-16 2024, Timnas U-16 Indonesia yang dipimpin Nova Arianto sudah menggelar persiapan di Yogyakarta.

Training center (TC) bahkan telah dimulai sejak 18 April 2024, saat sang pelatih kepala masih bertugas sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia (senior).

Sementara Timnas U-20 Indonesia yang nantinya akan tampil pada Piala AFF U-19 2024, juga sudah menjalani pemusatan latihan lanjutan di Jakarta.

Tim yang dipimpin Indra Sjafri sudah melakukan berbagai TC yang sekaligus menjadi seleksi pemain. Sistem promosi-degradasi pemain pun dilakukan.

Nantinya sebelum turnamen, Timnas U-19 Indonesia akan lebih dulu tampil pada ajang Toulon Cup 2024 yang digelar di Prancis pada 3-16 Juni mendatang.

Pada pembagian grup yang telah dirilis di situs resmi turnamen, Garuda Muda berada di Grup B dan bersaing dengan Italia, Jepang, Panama, serta Ukraina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat