sveosportu.com

BCL Asia 2024: Pelatih Prawira Puji Pertahanan Timnya

David Singleton, pelatih Prawira Harum Bandung

Prawira Harum Bandung berhasil mengatasi perlawanan Hong Kong Eastern Basketball dengan skor 53-50 pada game pertama Round 2 Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Britama Arena, Jakarta, Selasa (23/4/2024) malam, Prawira sempat tertinggal lebih dulu dari klub basket asal Hong Kong tersebut pada dua kuarter awal. 

Namun, mereka mampu comeback di dua kuarter berikutnya untuk mengubah keadaan dan merebut kemenangan. Salah satu kunci keberhasilan Yudha Saputera dan kolega adalah pertahanan yang solid.

Hal ini diungkapkan pelatih Prawira Bandung David Singleton. Ia pun tak sungkan mengapresiasi kualitas defense para pemain. Termasuk yang diperlihatkan Fhirdan Guntara.

Guard Prawira berusia 26 tahun itu mampu tampil tangguh dalam mengawal forward Hong Kong Eastern, Dominic Gilbert, dan permainan kerasnya sepanjang pertandingan.

“Pertahanan kami tampil luar biasa. Kami mampu menahan mereka hingga hanya membuat 5 poin di kuarter ketiga dan karena dia (Fhirdan) telah melakukan pekerjaan luar biasa terhadap Gilbert,” ujar Singleton, dikutip dari laman resmi Prawira.

Game versus HK Eastern sebenarnya berlangsung sulit untuk Prawira Bandung. Terutama setelah juara Indonesian Basketball League (IBL) 2023 kehilangan Brandone Francis yang dikeluarkan karena foul.

Tetapi setelah Francis diusir dari lapangan pada awal kuarter tiga, Prawira justru bisa bangkit. Permainan kolektif saat bertahan maupun menyerang terlihat saat top skorernya tidak ada.

“Apresiasi kepada para pemain, kami menunjukkan kepada semua (bahwa) kami bisa menang bahkan ketika MVP kami harus keluar dari pertandingan, yang mana itu membuat pemain lainnya muncul dan menambah kekuatan tim,” tutur Singleton. 

“Saya sangat bangga kepada tim. Pertandingan tidak selalu berjalan indah karena kami menghadapi tim yang tangguh, dengan pelatih yang bagus dan pemain-pemain kuat. Mereka juga main dengan baik.”

Selanjutnya, pada game kedua, Rabu (24/5/2024) malam, Prawira bakal melakoni Derbi Merah Putih lawan Pelita Jaya. Ini laga krusial sebab pemenang bisa dipastikan lolos ke turnamen utama BCL 2024.  

Pertandingan nanti juga menjadi ulangan final IBL tahun lalu, di mana ketika itu Prawira Bandung sukses menang. Namun situasinya tentu tidak sama, terlebih Pelita Jaya tengah on fire, tidak terkalahkan dalam empat laga sepanjang babak kualifikasi.   

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat