sveosportu.com

Regulasi 8 Pemain Asing di Liga 1 Diketuk Palu oleh PSSI

Liga 1 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan yang akan digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (26/6/2024). 

Diyakini salah satu agenda dalam RUPS adalah membahas regulasi baru, yakni penggunaan delapan pemain asing di Liga 1 2024-2025

Menurut Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, nantinya dalam RUPS tidak ada pengesahan soal regulasi delapan pemain asing. 

Asep Saputra menuturkan bahwa yang mengesahkan regulasi tersebut adalah PSSI. Menurutnya, itu merupakan ranah dari pihak federasi.

“Sebenarnya mengetuk-nya bukan di situ, regulasi ranahnya di PSSI, yang bertanggung jawab,” kata Asep Saputra dalam acara diskusi PSSI Pers X APPI, di GBK Arena, Selasa (25/6/2024).

“Kami dalam posisi berdiskusi dalam rangka ada banyak referensi, dan nanti ketok palu di PSSI sendiri.”

“Kalau dibahas (regulasi pemain asing) iya, karena ini bagian, salah satu kegiatan perseroan kami kompetisi. Besok kami akan sampaikan beberapa hal kepada pemegang saham,” ucap Asep Saputra.

Lebih lanjut, Asep Saputra menjelaskan terkait agenda dari RUPS tahunan PT LIB yang akan dihadiri seluruh pemegang saham, yakni para kontestan Liga 1 2024-2025.

“Normal saja untuk RUPS, pasti ada laporan kegiatan, perseroan, keuangan, bisnis, lalu ada persetujuan proyeksi kami ke depan, baik itu proyeksi kegiatan, bisnis, normal saja,” ujar Asep Saputra.

Disebutkan nantinya akan ada perubahan struktur komisaris PT LIB. Menurut Asep Saputra akan ada wakil dari tim juara Liga 1 2023-2024 yang masuk dalam struktur komisaris.

“Kalau kepengurusan hampir pasti ada, sejak musim lalu, komposisi komisaris ada satu diisi (dari tim) juara (Persib Bandung),” jelas Asep Saputra.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan aturan baru kuota pemain asing untuk setiap klub Liga 1 di musim 2024-2025 akan ditentukan setelah RUPS digelar.

"Belum diputuskan. Ya kan RUPS dahulu, baru diputuskan semua itu," kata Arya Sinulingga di GBK Arena.

Liga 1 2024-2025 rencananya akan dimulai pada 9 Agustus 2024. Pada laga pembuka bakal menyajikan Persib Bandung vs PSBS Biak di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat