sveosportu.com

Liga 1 2024-2025: Borneo FC Rekrut Gelandang Timnas Burundi

Poster perkenalan gelandang Timnas Burundi, Christophe Nduwarugira sebagai pemain asing baru Borneo FC untuk Liga 1 2024-2025. (Media Borneo FC)

- Borneo FC resmi mendatangkan pemain asing pertamanya di bursa transfer menuju Liga 1 2024-2025 dengan merekrut pemain asal Burundi.

Setelah menyisakan satu pemain asing di skuadnya, Borneo FC akhirnya mendatangkan nama baru untuk Liga 1 2024-2025 pada Jumat (21/6/2024).

Pemain asing yang dimaksud adalah Christophe Nduwarugira yang sempat menghadapi Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode Maret 2023.

"Selamat datang Christophe Nduwarugira. Pemain Timnas Burundi ini resmi gabung Borneo FC untuk musim 2024-2025," tulis klub di unggahan Instagram.

"Semoga kamu bisa secepatnya beradaptasi dan memberikan yang terbaik di sini. Manyala! Christophe Nduwarugira," Borneo FC mengakhiri caption-nya.

Dikontrak berdurasi satu musim oleh tim berjuluk Pesut Etam, pemain berusia 29 tahun itu bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan ataupun bek tengah.

Ia didatangkan dari klub Liga 2 Portugal, Academico Viseu, dengan status free transfer. Christophe Nduwarugira sebelumnya sudah pernah tampil di Indonesia.

Namun hanya pada dua pertandingan, karena kala itu berlaga dengan statusnya sebagai pemain Timnas Burundi yang melakoni laga internasional lawan Garuda.

Para pemain timnas Burundi merayakan gol balasan ke gawang Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 25 Maret 2023.
Para pemain Timnas Burundi merayakan gol balasan ke gawang Timnas Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 25 Maret 2023. (Mario Sonatha untuk )

Pemain bertinggi badan 186 centimeter itu tampil penuh di dua bentrokan yang sama digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 25 dan 28 Maret 2023.

Ia menjalankan peran sebagai gelandang bertahan dan sempat menghadapi pemain Borneo FC, Stefano Lilipaly yang juga starter dalam dua duel tersebut.

Pada bentrokan pertama Timnas Burundi kalah 1-3. Selanjutnya seri 2-2 dan Christophe Nduwarugira jadi pemberi assist untuk gol Saido Berahino.

"Dalam proses negosiasi, Christophe Nduwarugira telah memahami dengan jelas apa target Borneo FC Samarinda musim depan," tulis klub di situs resminya.

"Dan ia mengaku siap mengambil tantangan besar itu. Klub berharap Christophe Nduwarugira bisa lekas beradaptasi dengan cuaca, makanan, dan kultur di Indonesia."

Adapun ia bukan pemain pertama asal Burundi yang berkarier di Liga Indonesia. Sebab PSS Sleman lebih dulu merekrut Elvis Kamsoba pada November 2023.

Sementara itu di skuad Pesut Etam sebelumnya tersisa satu pemain asing dari musim lalu yakni Kei Hirose dari Jepang dan juga berposisi gelandang bertahan.

Sebab Borneo FC telah mengumumkan berpisah dengan lima pemain asingnya; Leo Lelis, Silverio Junior, Win Naing Tun, Felipe Cadenazzi, dan Wiljan Pluim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat