sveosportu.com

Dihajar Black Steel, Unggul FC Tetap Pede Finis 4 Besar

Joao Almeida, pelatih asal Portugal yang menangani Unggul FC Malang di Pro Futsal League 2023-2024. (Yusuf/Skor.id)

- Pelatih Unggul FC Malang, Joao Almeida mengomentari kekalahan telak timnya dari Black Steel Papua pada Minggu (26/5/2024).

Unggul FC mengawali putaran kedua Pro Futsal League 2023-2024 dengan kemenangan 4-2 atas Moncongbulo FC pada Sabtu (25/5/2024).

Namun pada penyelenggaraan hari kedua di pekan kesembilan itu, mereka takluk 1-5 dari Black Steel di tempat yang sama, GOR UGM, Yogyakarta.

Unggul FC sudah tertinggal empat gol di babak pertama yang dicetak Evan Soumilena, Adityas Wibowo, Wendy Brian Ick, dan Rodrigo Matheus.

Pada paruh kedua, gol Muhammad Sanjaya membuat gap kian besar dan gawang Black Steel hanya bisa sekali dibobol melalui Adres Dwi Persada.

Joao Almeida mengatakan tim sejatinya sudah melakukan persiapan dengan sangat baik dan recovery yang cukup setelah melawan Moncongbulo.

Muhammad Albagir dan kawan-kawan juga menyadari apa yang harus coba dilakukan, seperti yang telah dijalani dari laga ke laga sebelumnya.

"Tapi sayangnya, dalam sejumlah detail, kami gagal fokus di beberapa momen, sehingga lawan bisa mencetak banyak gol. Itu yang menciptakan perbedaan," ia menambahkan.

Menurut pelatih asal Portugal itu, di pengujung pertandingan, Unggul FC bisa membuat lebih banyak tembakan namun hanya mampu mencetak satu gol.

Unggul FC Malang, klub peserta kompetisi futsal profesional kasta tertinggi di Indonesia untuk kategori putra atau Pro Futsal League. (M Yusuf/)
Unggul FC Malang, klub peserta kompetisi futsal profesional kasta tertinggi di Indonesia untuk kategori putra atau Pro Futsal League. (Yusuf/)

"Kami membuat beberapa kesalahan individual, dan kesalahan kolektif, termasuk dalam bola mati. Kami akan segera bekerja keras membenahi hal itu," Joao Almeida menambahkan.

Diakui pula bahwa Unggul FC memang menjalani laga yang tak mudah melawan Black Steel yang mempunyai target juara di Pro Futsal League 2023-2024.

Tim pun sejatinya tak bermain buruk, namun menurut sang pelatih, kadang penampilan yang bagus tak menjamin jika para pemain gagal fokus.

Kendati begitu, ia menegaskan bahwa kekalahan dari Black Steel jadi pembelajaran untuk bisa merealisasikan target finis pada peringkat empat besar.

"Kami gagal fokus berdasarkan apa yang kami rencanakan dan kami persiapkan sejauh ini," ucap mantan juru taktik Timnas futsal Bahrain itu.

"Kami tidak fokus karena ini soal kedewasaan dan kapasitas. Seharusnya kami selalu tampil kompetitif setiap saat. Ini pelajaran buat pemain kami."

"Kami melawan tim yang berpengalaman, dengan target menjadi juara. Tapi, kami akan berusaha tetap berada di dalam jalur untuk finis di posisi 4 besar. Kami belajar dari semua kesalahan yang dibuat," Joao Almeida memungkasi.

Adapun dengan dua hasil terbaru itu. Unggul FC menempati posisi kelima klasemen sementara berkat raihan 22 poin dari 13 pertandingan yang dijalani.

Poinnya sama dengan Cosmo JNE FC yang menempati tempat keempat, namun tim asal Jakarta itu baru melakoni 11 laga di Pro Futsal League 2023-2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat