sveosportu.com

Euro 2024: 8 Comeback Fenomenal dalam Sejarah Piala Eropa

Euro 2024 (Piala Eropa 2024). (Jovi Arnanda/Skor.id)

– Gelaran Euro 2024 di Jerman akan dimulai kurang dari sepekan ke depan. Dalam rangka turnamen sepak bola bergengsi tersebut, menampilkan flashback momen-momen menarik Piala Eropa.

Terkait flashback, artikel kali ini membahas mengenai berbagai pertandingan seru dan menegangkan berupa comeback fenomenal sepanjang sejarah Piala Eropa.

Dikutip dari UEFA.com, inilah delapan pertandingan seru Piala Eropa yang diwarnai aksi comeback dari tim-tim yang tertinggal lebih dulu:

1. Semifinal Euro 1960: Prancis 4-5 Yugoslavia

Pertandingan pembukaan Piala Eropa yang pertama (Euro 1960) menghasilkan pertemuan menegangkan, hampir tidak ada drama yang bisa menyamainya saat itu. 

Prancis unggul 2-1 sebelum jeda dan memimpin 4-2 dengan seperempat jam tersisa. Dengan tiga gol dalam lima menit Yugoslavia berhasil membalikkan keadaan.

2. Semifinal Euro 1976: Yugoslavia 2-4 Jerman Barat (aet)

Jerman Barat tertinggal dua gol dalam waktu setengah jam, misi mempertahankan gelar juara berada di ujung tanduk. 

Namun, pemenang Piala Dunia 1974 asuhan Helmut Schon tidak menyerah. Mereka bangkit berkat hattrick pemain pengganti Dieter Muller, bukan debut internasional yang buruk bagi penyerang tersebut.

3. Semifinal 1984: Prancis 3-2 Portugal (aet)

Kemenangan comeback tampaknya menjadi milik Portugal setelah mereka bangkit dari ketertinggalan untuk memimpin pada perpanjangan waktu. 

Tuan rumah Prancis memiliki Michel Platini pada barisan mereka, sang kapten sekali lagi tampil menonjol, membuat gol penyeimbang bagi timnya sebelum mencetak gol kemenangan menit ke-119.

4. Penyisihan Grup Euro 2000: Yugoslavia 3-3 Slovenia

Peluang menang Slovenia besar saat melawan Yugoslavia. Waktu tersisa 30 menit, Slovenia memimpin 3-0 dan juga unggul satu pemain setelah bintang Yugoslavia, Sinisa Mihajlovic, kena kartu merah. 

Tak disangka, Yugoslavia berhasil membalas dengan tiga gol menit ke-67, 70 dan 73. Gol Ivan Dudic pada menit-menit akhir memastikan kerja keras Yugoslavia tidak sia-sia.

5. Penyisihan Grup Euro 2000: Portugal 3-2 Inggris

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat