sveosportu.com

Singapore Open 2024: Irwansyah Evaluasi Performa Pemain

Jonatan Christie-Anthony Sinisuka Ginting-Chico Aura Dwi Wardoyo

– Pemain tunggal putra Indonesia gagal melangkah jauh di turnamen bulu tangkis BWF World Tour Super 750 Singapore Open 2024.

Dalam ajang tersebut, Indonesia tercatat mengirim tiga tunggal putra. Mereka adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Jonatan Christie langsung terhenti di babak pertama usai kalah 17-21, 6-21 dari Chou Tien Chen (Taiwan) dalam laga yang digelar Rabu (29/5/2024).

Sehari kemudian, giliran Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang sama-sama gugur di babak 16 besar Singapore Open 2024.

Anthony Sinisuka Ginting takluk dari pemain non-unggulan, Leong Jun Hao (Malaysia), dengan skor 14-21, 21-10, 8-21.

Sedangkan Chico Aura Dwi Wardoyo tak mampu menghentikan perlawanan Kodai Naraoka (Jepang) dan menelan kekalahan 21-17, 9-21, 12-21.

Kepala pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, pun angkat bicara terkait hasil minor yang didapatkan anak didiknya di Negeri Singa.

“Persiapan sudah bagus semua, kondisi pun baik tetapi memang hasil di Singapore Open kali ini tidak bagus, tidak memuaskan,” ujar Irwansyah.

Lebih lanjut, Irwansyah menjelaskan beberapa alasan yang menjadi faktor kekalahan anak-anak didiknya tersebut.

Pelatih berusia 50 tahun itu menyebut kondisi lapangan dan shuttlecock jadi penyebab Jonatan Christie cs kesulitan menerapkan strategi permainan yang tepat.

“Bukan alasan tetapi lapangan yang berangin dan shuttlecock yang cukup kencang membuat mereka agak ragu menggunakan strategi yang mau digunakan,” katanya. 

“Kalah tetap kalah. Evaluasi saya sebagai pelatih adalah bagaimana cara menyesuaikan untuk satu kondisi seperti ini. Bila terjadi lagi di depan, pemain bisa cepat beradaptasi.”

“Partai pertama memang selalu tak mudah apalagi dengan kondisi lapangan yang tak seperti biasa tetapi mereka harus sudah bisa mengatasi kendala-kendala seperti ini,” tuturnya.

“Meski demikian, memang saya akui lawan-lawannya (pemain Indonesia) bermain luar biasa dan tanpa beban.”

Beberapa catatan itu diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi pemain tunggal putra Indonesia untuk memperbaiki performa.

Apalagi kurang dari dua bulan lagi, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting bakal menghadapi Olimpiade 2024.

“Ini jadi bahan perbaikan untuk mereka. Lebih bagaimana bisa cepat keluar dari situasi sulit apapun kondisi lapangannya,” ujar Irwansyah.

“Kalau secara teknis dan pola main, saya tidak ragu sama sekali dengan kemampuan mereka. Dari fisik pun karena latihannya sudah bagus juga bukan masalah.”

Selanjutnya Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo akan balik ke Tanah Air.

Mereka bersiap untuk mengikuti Indonesia Open 2024 yang digelar pada 4–9 Juni mendatang di Istora Senayan, Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat