sveosportu.com

Euro 2024: Fakta Menarik Skotlandia vs Hungaria

Laga Skotlandia vs Hungaria di Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Laga Skotlandia vs Hungaria menjadi pertandingan yang menentukan langkah keduanya di ajang Euro 2024 ini.

Laga Skotlandia vs Hungaria akan dimainkan malam ini atau Senin (24/6/2024) pukul 02.00 WIB.

Skotlandia ada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Euro 2024 dengan hanya mengoleksi 1 poin.

Mereka di bawah Swiss yang ada di posisi kedua di bawah tim yang sudah lolos ke 16 besar, Jerman.

Peluang untuk lolos ke 16 besar Euro 2024 masih terbuka bagi kedua tim, setidaknya baik Skotlandia dan Hungaria bisa meraih tiket melalui peringkat tiga terbaik.

Karena itu, pertandingan dini hari nanti akan berjalan sangat ketat tentunya.

Di balik perburuan kemenangan di laga ini, ada sejumlah fakta menarik dari pertemuan keduanya termasuk juga rapor masing-masing dalam kompetisi besar seperti Piala Eropa.

Jelang laga ini, menampilkan fakta menarik Skotlandia vs Hungaria, laga yang akan memperebutkan peringkat ketiga klasemen Grup A:

1. Laga Skotlandia vs Hungaria malam ini menjadi kali pertama kedua tim bertemu dalam laga kompetitif. Sebelumnya, kedua tim sudah bertemu sebanyak 9 kali namun semua di ajang uji coba (persahabatan). Skotlandia 3 kali menang, Hungaria 4 kemenangan, dengan 2 laga lainnya imbang.

2. Jelang laga ini, Timnas Skotlandia meraih kemenangan dalam dua laga dari tiga laga terakhir lawan Hungaria. Dan, ini akna menjadi pertandingan pertama sejak Skotlandia menang 1-0 pada Maret 2018.

3. Skotlandia bisa mencatat sejarah mereka sendiri, yaitu untuk kali pertama lolos ke fase knockout di Piala Eropa atau turnamen besar internasional seperti Piala Dunia.

4. Hungaria mengalami kekalahan dalma dua laga di Euro 2024 ini, takluk dari Jerman dan Swiss. Hanya dalam dua turnamen besar, tim nasional Hungaria kalah di semua pertandingannya, kalah di kedua pertandingan pada Euro 1972 dan mengalami kekalahan di semua laga di Piala Dunia 1978.

5. Ketika menghadapi Swiss, Skotlandia menampilkan pemain dengan total 470 caps, ini merupakan rekor bagi Timnas Skotlandia. Mereka juga untuk kali pertama dalam starting line-up memasukkan lima pemain dengan lebih dari 50 caps internasional, yaitu Scott McTominay (51 caps), Grant Hanley (52), Callum McGregor (62), John McGinn (68), dan Andy Robertson (73).

6. Faktanya, ketika menghadapi tim asal Eropa, Hungaria hanya mampu meraih satu kemenangan dari 17 laga mereka di turnamen besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa (5 imbang dan 11 kali kalah). Satu-satunuya kemenangan itu mereka raih ketika mengalahkan Austria, 2-0, di putaran pertama Euro 2016.

7. Hungaria belum pernah memenangkan satu pun dari delapan pertandingan terakhir mereka di Piala Eropa (4 imbang dan 4 kali kalah). Satu-satunya negara yang memiliki rekor tanpa kemenangan lebih lama di kompetisi ini adalah Rusia antara tahun 1988 dan 2004 (9 pertandingan).

8. Sejak awal tahun 2023, Scott McTominay telah mencetak delapan gol dalam 10 penampilannya di laga kompetitif untuk tim nasional Skotlandia. Jumlah itu satu gol lebih banyak adari gabungan semua pemain Skotlandia lainnya dalam periode tersebut (9 gol).

9. Scott McTominay juga mencoba empat dari 13 tembakan Skotlandia di Euro 2024, serta memainkan delapan dari 27 aksi timnya ke area penalti lawan.

10. Willi Orban adalah pemain Hungaria terbaik di Euro 2024 dalam hal mencuri/merebut bola (12), memberikan operan sukses (82) dan tackling yang dilakukan (6), sementara hanya Barnabas Varga (16) yang memenangkan duel lebih banyak daripada Orban (11) di antara pemain Hungaria.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat