sveosportu.com

Fakta Menarik Ukraina vs Belgia di Euro 2024

Laga terakhir Grup E Euro 2024 antara Ukraina vs Belgia akan berlangsung Rabu (26/6/2024) malam WIB (Yusuf/Skor.id).

– Timnas Ukraina akan bertemu Belgia dalam laga terakhir fase grup Euro 2024. Laga Ukraina vs Belgia akan digelar Rabu (26/6/2024) malam nanti pukul 23.00 WIB.

Pertandingan yang berlangsung di MHP Arena, Stuttgart, ini memiliki arti penting bagi kedua tim dalam perjalanan mereka menuju 16 besar. 

Hal itu lantaran semua tim di Grup E (termasuk Rumania dan Slovakia) memiliki peluang yang sama, sama-sama mengantongi 3 poin, dan menyisakan satu pertandingan.

Artinya meskipun Ukraina berada pada posisi paling buncit di Grup E, itu bukan alasan bagi tim bertabur bintang Belgia untuk meremehkan lawannya.

Pertandingan ini akan seru dan menarik mengingat kedua tim akan mengerahkan kemampuan 100%.

Selain itu, ada sederet fakta menarik lainnya yang layak disimak di balik pertarungan kedua tim ini.

Jelang duel malam ini, berhasil merangkum sejumlah fakta menarik dari laga Ukraina vs Belgia yang menentukan ini. Simak selengkapnya:

  • Kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya, baik dalam pertandingan persahabatan atau kompetitif.
  • Belgia tidak terkalahkan dalam 22 pertandingan terakhir ketika mereka menghadapi lawan untuk pertama kalinya (menang 13, kalah 9), dengan kekalahan terakhir mereka adalah kekalahan 0-1 dari Mesir pada 1999.
  • Ukraina hanya kalah satu kali dari 11 pertandingan terakhir mereka menghadapi tim untuk pertama kalinya (menang 5, seri 5, kalah 11), kekalahan terjadi pada Juni 2017 melawan Malta (0-1).
  • Empat kemenangan Ukraina di Piala Eropa semuanya berakhir dengan skor 2-1.
  • Ukraina gagal menjaga clean sheet dalam 13 pertandingan di Euro – tidak ada tim lain yang memainkan lebih dari lima pertandingan tanpa setidaknya satu clean sheet.
  • Belgia belum pernah kalah dalam pertandingan grup terakhir mereka dalam enam penampilan terakhir di turnamen besar (menang 5, seri 1) sejak kekalahan 0-2 dari Turki di Euro 2000.
  • Belgia telah memenangkan enam dari tujuh pertandingan grup terakhir Piala Eropa, dengan satu-satunya kekalahan mereka terjadi saat melawan Slovakia dalam turnamen ini.
  • Romelu Lukaku bisa menjadi pemain pertama yang mencetak gol untuk Belgia dalam lima turnamen besar berbeda. Dia saat ini berbagi rekor dengan Jan Ceulemans dan Kevin de Bruyne (sama-sama empat).
  • Belgia telah memenangkan enam dari tujuh pertandingan penyisihan grup terakhir Piala Eropa, hanya gagal saat melawan Slovakia pada hari pertama turnamen Euro 2024 (0-1). 
  • Kevin De Bruyne telah terlibat dalam 31 gol dalam 32 penampilan terakhirnya untuk Belgia di semua kompetisi (12 gol, 19 assist). Ia mencetak 3 gol dalam 5 pertandingan terakhir untuk Belgia.
  • Roman Yaremchuk terlibat dalam lima gol dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk Ukraina di semua kompetisi (tiga gol dan dua assist). Empat dari partisipasi ini terjadi sebagai pemain pengganti (dua gol, dua umpan kemenangan). 
  • Dalam dua hari pertama Euro 2024, pemain Belgia, Jeremy Doku, menjadi pemain yang menyelesaikan drible terbanyak (sembilan)
  • Joshua Kimmich menciptakan lebih banyak peluang untuk rekan satu timnya dari permainan terbuka (delapan) dibanding Jeremy Doku (enam).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat