sveosportu.com

Frenkie de Jong Cedera, Gagal Bela Belanda di Euro 2024

Frankie de Jong gagal membela Belanda di Euro 2024, karena cedera. (Jovi Arnanda/Skor.id).

- Kabar kurang baik datang untuk Timnas Belanda dalam persiapan mereka menuju Euro 2024 (Piala Eropa 2024), setelah Frenkie de Jong dikabarkan mengalami cedera.

Cedera yang dialami Frenkie de Jong ini hanya tiga hari sebelum gelaran Euro 2024 dimulai, dan menjadi pukulan bagi skuad Belanda.

Frenkie de Jong memang menjadi andalan di lini tengah Timnas Belanda, begitu juga di level klub saat membela Barcelona.

Namun, sepanjang musim 2023-2024, pemain berusia 27 tahun itu memang mengalami masalah cedera yang mengganggu penampilannya, terutama untuk Barcelona.

Masalah cedera pergelangan kaki (engkel) menjadi faktor utama yang menyebabkan Frenkie de Jong kesulitan menujukkan performa terbaiknya musim ini.

Melalui laman Ons Oranje, Frenkie de Jong dinyatakan secara resmi akan melewatkan gelaran Euro 2024 karena cedera.

Frenkie de Jong diproyeksikan sembuh dari cedera, ketika pemusatan pelatihan Timnas Belanda menuju Euro 2024 dimulai.

Namun, diperlukan waktu lebih lama daripada yang diperkirakan, sehingga pelatih Belanda, Ronald Koeman, memutuskan untuk melepas De Jong.

"Frenkie de Jong harus melewatkan Euro 2024. Gelandang Barcelona itu masih mengalami banyak masalah akibat cedera engkelnya," bunyi pernyataan Ons Oranje.

"Sejak masuknya De Jong ke pemusatan latihan Belanda, terlihat jelas keikutsertaannya di Euro 2024 akan berpacu dengan waktu. Meski awalnya diharapkan siap bermain di fase grup Piala Eropa, tetapi pemeriksaan yang direncanakan kemarin dan hari ini menunjukkan bahwa engkelnya belum cukup tangguh. Karena pemulihannya akan memakan waktu lebih lama, diputuskan dalam konsultasi bahwa Frenkie de Jong tidak akan bermain di Kejuaraan Eropa," bunyi pernyataan selanjutnya.

"Pelatih nasional Ronald Koeman akan memutuskan pada tahap selanjutnya apakah dia ingin menambahkan pengganti De Jong ke dalam seleksi Kejuaraan Eropa tim Belanda," bunyi pernyataan Ons Oranje selanjutnya.

Cedera ini membuat de Jong juga tidak terlibat dalam dua pertandingan pemanasan Belanda menuju Euro 2024, saat melawan Kanada dan Islandia.

Belanda berhasil meraih kemenangan masing-masing dengan skor 4-0 atas Islandia dan Kanada dalam laga uji coba sebelum Euro 2024.

Belanda akan memulai kampanye mereka di Piala Eropa 2024 dengan menghadapi Polandia, Minggu (16/6/2024) pukul 20.00 malam WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat