sveosportu.com

Hasil F1 GP Monako 2024: Leclerc Menangi Home Race Perdana

Charles Leclerc, pembalap Ferrari. (Dede Mauladi/Skor.id)

Charles Leclerc akhirnya berhasil meraih kemenangan home race (balapan kandang) perdananya dalam Formula 1 Grand Prix Monako, Minggu (26/5/2024). Ini sesuatu yang sudah lama diidamkan pembalap Scuderia Ferrari tersebut.

Leclerc tampil impresif sepanjang balapan 78 lap. Ia mengontrol GP Monako di sirkuit jalanan Monte Carlo yang sempit dan mampu mengonversi pole position menjadi podium utama. 

Ini adalah kemenangan emosional bagi Charles Leclerc. Selain di kampung halamannya, hasil ini sekaligus mengakhiri ‘kutukan’ yang merundungi pembalap 26 tahun itu dalam F1 GP Monako

Sebelumnya, Leclerc tak pernah menang, bahkan meraih podium. Ia kerap sial di Monte Carlo seperti pada 2021 saat tidak bisa balapan akibat masalah mobil dan musim 2022 hanya finis P4 meski start dari pole.

Namun pada F1 GP Monako 2024, Charles Leclerc berhasil memutus penantian panjang untuk memenangi balapan kandangnya. Juga, menjadi kali pertama ia finis terdepan dalam delapan putaran awal musim ini.      

Leclerc keluar sebagai pemenang GP Monako 2024 dengan mengungguli pembalap McLaren Oscar Piastri serta rekan setimnya di Ferrari, Carlos Sainz Jr. Ia finis lebih dari 7 detik atas kedua pesaingnya tersebut.  

“Tak ada kata-kata yang dapat menjelaskannya, ini balapan yang sulit, saya pikir dua kali memulai dari pole position dan kami berhasil menyelesaikannya. Ini benar-benar berarti, ini adalah GP yang membuat saya bermimpi untuk menjadi pembalap F1,” kata Leclerc setelah race.

“Emosi sudah datang (sebelum finis). Saya memikirkan (almarhum) ayah saya lebih dari apa yang saya kira saat mengemudi. Dia telah memberikan segalanya bagi saya hingga bisa berada di sini. Itu adalah Impian kami untuk balapan di sini dan menang. Kini semuanya terwujud.”

Balapan F1 GP Monako 2024 sempat tertunda menyusul keluarnya red flag akibat insiden yang melibatkan pembalap Red Bull Racing Sergio Perez serta duo Haas, Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg di Lap 1.

Saat restart, Leclerc mampu menjaga posisinya di urutan terdepan hingga akhir balapan. Melengkapi Top 3 adalah Piastri yang menjadi runner up setelah bisa menahan Sainz tetap di posisi ketiga.

Sementara itu, Max Verstappen harus puas menyelesaikan F1 GP Monako di P6. Dan dengan insiden yang dialami Sergio Perez sebelumnya, maka Red Bull pun tidak memiliki wakil di atas podium.

Ini merupakan kali kedua Verstappen maupun Perez gagal menembus posisi tiga besar sejak putaran ketiga F1 2024, Grand Prix Australia, di Sirkuit Albert Park. Kala itu, Super Max retire dan Checo finis kelima.

Bagi Ferrari, kesuksesan Charles Leclerc menjadi kemenangan kedua mereka pada 2024. Sebelumnya, Tim Kuda Jingkrak menyabet podium tertinggi di GP Australia lewat Carlos Sainz

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat