sveosportu.com

Iga Swiatek Catatkan Double Bagel Tercepat dalam Kariernya

Iga Swiatek

– Unggulan pertama tunggal putri French Open 2024 Iga Swiatek melenggang mudah ke perempat final setelah mencatatkan kemenangan double bagel, 6-0, 6-0, atas Anastasia Potapova.

Bertanding di Philippe-Chatrier Court, Roland-Garros, Minggu (2/6/2024), Swiatek hanya butuh waktu 40 menit untuk mengatasi perlawanan Potapova. Ini jadi kemenangan tercepat dalam kariernya. 

Itu lebih cepat enam menit dari double bagel yang dibukukan petenis Polandia yang baru berulang tahun ke-23, 31 Mei lalu saat mengalahkan Karolina Pliskova dalam laga final Italian Open 2021.

Bagi Iga Swiatek, hasil melawan Potapova menandai double bagel, alias menyapu bersih semua gim dalam dua set, kedelapan sepanjang kariernya atau yang kedua beruntun pada turnamen Grand Slam.

Sebelum Anastasia Potapova di babak 16 besar tahun ini, Swiatek juga sukses mencatatkan kemenangan 6-0, 6-0 atas Wang Xinyu dalam putaran ketiga French Open 2023. 

Torehan tersebut pun membuat Iga Swiatek jadi petenis ketiga dalam era Open yang mampu menyabet double bagel di Roland Garros setelah Gabriela Sabatini (1992-1993) dan Mary Pierce (1993-1994). 

Tak hanya itu, Swiatek juga mencetak rekor lain, yakni tunggal putri pertama yang sukses membukukan 18 kemenangan beruntun dalam satu turnamen Grand Slam sejak Serena Williams menjuarai US Open 2014. 

Dengan menyingkirkan Potapova, ia sekarang telah memiliki rekor 32-2 dalam 34 pertandingan di French Open. Persentase kemenangannya mencapai 94 persen, tertinggi setelah Margaret Court (95%).

Tentang pertandingan melawan Anastasia Potapova yang hanya berdurasi 40 menit, Iga Swiatek sendiri mengaku terkejut dengan cepatnya kontes berakhir. 

“Ya, itu cukup cepat, cukup aneh. Saya benar-benar fokus, saya tidak terlalu memperhatikan skor. Jadi saya hanya terus bermain, mengerjakan hal-hal yang diperlukan,” ujar Swiatek setelah pertandingan.

Meskipun tak pernah bertemu sebelumnya di level Grand Slam atau WTA Tour, kedua petenis cukup sering berhadapan di level junior, U12 dan U14. Dan pada fase tersebut, Swiatek selalu kalah dari Potapova. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat