sveosportu.com

Indonesia Open 2024: Sabar/Reza Kalah, Merah Putih Nol Gelar

Indonesia Open 2024

– Tersingkirnya ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani dari turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open 2024 memastikan tuan rumah tanpa wakil di final.

Sabar/Reza gagal melangkah ke partai puncak  usai menelan kekalahan melawan pasangan Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee, 27-29, 13-21, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (8/6/2024) malam. 

Dengan gugurnya duet non-pelatnas tersebut, maka tim bulu tangkis Merah Putih lagi-lagi harus menelan kenyataan mengakhiri Indonesia Open tanpa gelar.

Sudah tiga musim beruntun Indonesia tidak memiliki juara pada turnamen bergengsi di negeri sendiri. Kali terakhir skuad Merah Putih meraih gelar terjadi pada 2021 yang digelar di Nusa Dua, Bali.

Ketika itu, titel Indonesia Open didapat lewat sektor ganda putra atas nama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang sama-sama sudah memilih untuk gantung raket tahun ini.

Pencapaian tim bulu tangkis tuan rumah sangat mengecewakan. Dari 19 wakil Merah Putih, Sabar/Reza menjadi satu-satunya yang mampu mencapai babak semifinal Indonesia Open 2024

Sektor tunggal putra jelas paling mengecewakan. Tiga wakil yang diturunkan semuanya terhenti di babak pertama, termasuk dua nama unggulan, Anthony Sinisuka Ginting dan juga Jonatan Christie.

Sabar/Reza sebenarnya bermain baik menghadapi Man Wei Chong/Kai Wun Tee, terutama di gim pertama. Sempat tertinggal di awal permainan, mereka mampu mengejar bahkan berbalik unggul saat-saat kritis.

Sabar/Reza lebih dulu mencapai game point, tetapi Chong/Tee mampu memaksakan deuce. Situasi entik berkali-kali terjadi sampai akhirnya wakil Malaysia yang berhasil merebut gim pertama.

Masuk gim kedua, pertarungan kembali berjalan ketat. Sabar/Reza sempat memimpin terlebih dulu hingga empat poin. Tetapi, Chong/Tee bisa mengejar dan unggul 11-9 saat interval. 

Selepas jeda, ganda putra Negeri Jiran makin nyaman akibat eror berulang Sabar/Reza. Alih-alih mengejar, mereka justru makin tertekan. Situasi ini dimanfaatkan Chong/Tee untuk menyegel kemenangan.

“Kami sudah memberikan perlawanan terbaik. Kondisi kami agak sedikit menurun sehingga pada gim kedua serangan yang kami bangun tidak langsung menghasilkan poin,” kata Reza usai bertanding.

Cina mendominasi turnamen dengan menempatkan enam wakilnya di semua sektor dalam final Indonesia Open 2024. Termasuk perang saudara pada babak perebutan gelar nomor ganda campuran.

Jadwal Partai Final Indonesia Open, Minggu (9/6/2024):

Tunggal Putra
Anders Antonsen (4/Denmark) vs Shi Yu Qi (2/Cina): Partai Ke-4

Tunggal Putri
An Se-young (1/Korea Selatan) vs Chen Yu Fei (2/Cina): Partai Ke-3

Ganda Putra
Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) vs Liang Wei Keng/Wang Chang (2/Cina): Partai Ke-5

Ganda Putri
Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (1/Cina) vs Baek Ha-na/Lee So-hee (2/Korea Selatan): Partai Ke-2

Ganda Campuran
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (1/Cina) vs Jiang Zheng Bang/Wei Ya Xin (5/Cina): Partai Ke-1    

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat