sveosportu.com

Kilas Balik Piala Eropa 2008, Era Timnas Spanyol

Trofi Piala Eropa atau UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Menjelang gelaran Euro 2024 (Piala Eropa 2024) yang dimulai 14 Juni 2024, menampilkan kembali artikel tentang Euro (Piala Eropa), dalam artikel Kilas Balik Piala Eropa.

Turnamen sepak bola paling bergengsi yang melibatkan negara-negara Eropa ini dimulai pada 1960. Sejak saat itu turnamen antarnegara Eropa ini menjadi ajang bergengsi dan terus dilangsungkan hingga kini Euro 2024.

Berikut ini kilas balik Piala Eropa 2008 di mana Spanyol tampil sebagai juara setelah mengalahkan Jerman lewat gol Fernando Torres.

Piala Eropa 2008 adalah awal mula timnas Spanyol menguasai dunia. Timnas Spanyol sempat jadi raja di dunia sepak bola, semua berawal dari Piala Eropa 2008, sebelum kemudian jadi juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Di gelaran yang dihelat di Austria dan Swiss, Spanyol jadi negara kedua yang memenangi semua laga di grup lalu jadi juara, dan jadi tim setelah Jerman pada 1996 yang jadi juara tanpa terkalahkan.

Yunani yang merupakan juara bertahan tampil sangat buruk, kalah di semua laga babak grup dan langsung tersingkir. Ini adalah kali ketujuh Spanyol lolos ke gelaran Piala Eropa, mereka juara Grup F di kualifikasi.

Pelatih Luis Aragones membawa hanya tiga pemain Barcelona dan dua pemain Real Madrid, wakil terbanyak justru berasal dari Liverpool dan Valencia yang sama-sama mengirimkan empat pemain.

Di babak grup, Spanyol melumat Rusia (4-1), Swedia (2-1), dan juga Yunani (2-1), lolos sebagai juara Grup D.

Di babak gugur, Tim Matador menyingkirkan Italia lewat adu penalti di delapan besar, mengalahkan Rusia di semifinal dengan skor 3-0, dan lolos ke final untuk berhadapan dengan Jerman.

Gol tunggal Fernando Torres pada menit ke-33 kemudian sudah cukup untuk timnas Spanyol keluar sebagai juara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat