sveosportu.com

Nova Arianto: Timnas U-16 Indonesia Harus Perbaiki Finishing

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. (Yusuf/Skor.id)

- Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, memuji mental anak asuhnya usai menekuk Singapura U-16 pada laga pembuka ASEAN U-16 Championship 2024.

Meski demikian, sang juru taktik mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan, terutama dalam hal finishing.

Seperti diketahui, Timnas U-16 Indonesia menang telak 3-0 atas Singapura U-16 dalam duel Grup A ASEAN U-16 Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam.

Nyaris tertinggal oleh penalti Nathan Mao di menit ke-30, yang secara brilian ditepis kiper Muhammad Nur Ichsan, Garuda Muda bangkit pada sisa waktu.

Muhammad Mierza memecah kebuntuan di menit ke-40, dilanjut penalti Evandra Florasta (59') dan aksi Fadly Alberto (87') selepas jeda.

Nova Arianto mengapresiasi kehebatan para pemainnya, yang mampu mengubah kesalahan lawan menjadi momentum kemenangan. Ditambah lagi, itu dilakukan dalam turnamen besar pertama mereka.

"Pastinya kami mensyukuri hasil ini, ya. Tapi, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain karena sudah memberikan yang terbaik," kata Nova usai laga. 

nova arianto
Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto. (Dok. PSSI)

"Saya bicara sejak awal, ini pertama kali bagi mereka, bagi Timnas U-16, mengenakan seragam Garuda di hadapan orang banyak. Saya yakin itu tidak mudah." 

"Bisa dilihat pada 15 menit pertama, kami cukup kesulitan karena Singapura juga bermain sangat baik. Tapi, saya bersyukur anak-anak mentalnya kuat dan kami bisa menang pada hari ini," dia menambahkan.

Walaupun puas, Nova Arianto tak menutup mata terhadap kekurangan-kekurangan yang masih terlihat sepanjang laga. 

Utamanya soal penyelesaian akhir di depan gawang. Ya, Timnas U-16 Indonesia seharusnya bisa menang dengan lebih banyak gol, tapi beberapa kali membuang peluang.

Satu contohnya terjadi pada menit ke-23, ketika Nazriel Alfaro lolos sendirian di kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan kiper. Namun, jebolan Akademi Persib Cimahi itu malah menempatkan bola jauh dari sasaran.

"Memang banyak peluang yang seharusnya menjadi gol dan itu juga menjadi catatan kami selama ini, termasuk saat uji coba. Tapi, saya pikir semua pemain sudah berusaha secara maksimal," kata Nova Arianto

"Tapi, itu tadi, mereka pertama kali tampil di hadapan orang banyak, ketegangan itu pasti ada. Saya yakin para pemain ke depan bisa berprogres, dan peluang-peluang itu bisa menjadi gol. Kami akan perbaiki itu saat latihan agar lebih siap saat lawan Filipina," pungkasnya.

Timnas U-16 Indonesia dijadwalkan menghadapi Filipina U-16 pada Senin (24/6/2024) mendatang di waktu dan venue yang sama.

Saat ini, mereka berada di puncak klasemen Grup A ASEAN U-16 Championship 2024, memiliki poin setara dengan Laos U-16 yang juga memenangi laga pembuka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat