sveosportu.com

Jago Lukis, Olimpian Ini Dijuluki The Olympic Picasso

Roald Bradstock, atlet lempar lembing Olimpiade 1984 dan 1988 asal Inggris, kini mendalami seni lukis (Yusuf/Skor.id).

– Dijuluki “The Olympic Picasso,” mantan atlet lempar lembing Olimpiade, Roald Bradstock, kini terjun dalam dunia seni lukis.

Bradstock membangun reputasinya sebagai sosok yang tidak terhentikan di lintasan atletik maupun studio seninya. 

Salah satu karya lukis Bradstock yang terkenal adalah  “Paris 2.014/Together” yang dibuat untuk menyambut Olimpiade Paris 2024.

Karya tersebut pertama kali diluncurkan dalam acara siaran langsung khusus dalam akun Instagram-nya pada Desember 2022 lalu.

Lukisan “Paris 2.014/Together” karya Bradstock ini merupakan tribute untuk Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2024 mendatang di Paris, Prancis.

Itu sekaligus merupakan lukisan kelima dalam seri Cincin Olimpiade Bradstock. 

Selain memperingati Olimpiade Paris, karya ini juga memperingati 25 tahun lukisan Cincin Olimpiade pertama Bradstock bertema “Perjuangan untuk Kesempurnaan,” yang meluncurkan karier seninya. 

Karya itu memenangkan Kompetisi Seni Komite Olimpiade Amerika Serikat/Akademi Olahraga Amerika Serikat pada tahun 1999, dan kemudian dipamerkan di museum Komite Olimpiade Internasional di Lausanne, Swiss.

Bradstock, yang juga mantan atlet lempar lembing Inggris, pernah dinugerahi sebagai Seniman Olahraga Terbaik Akademi tahun 2003.

Beberapa karyanya dipajang di Museum dan Arsip Seni Olahraga Amerika Serikat (ASAMA) di kampus Akademi di Daphne, Alabama.

“Saya mendekati proyek (lukisan) ini dengan pola pikir fisik dan psikologis yang sama dengan yang saya lakukan sebagai seorang atlet,” kata Bradstock. 

“Saya mendorong kreativitas saya hingga batasnya, seperti yang telah saya lakukan dengan tubuh saya sebagai seorang atlet dan terus saya lakukan sekarang sebagai atlet master.” 

“Studio saya adalah laboratorium, dan saya bereksperimen dengan teknik-teknik baru di berbagai media,” katanya.

Pada 2003, Bradstock dianugerahi sebagai Seniman Olahraga Tahun Ini oleh Akademi Olahraga Amerika Serikat .

Hal itu menyusul gaya seni uniknya yang mempromosikan atletik dan atas upayanya menyatukan Olimpiade dan Paralimpiade.

“Akademi tersebut membantu saya menyadari bahwa olahraga dan seni memang saling berhubungan,” katanya. 

“Setelah menyadarinya, karier saya melejit. Dan sekarang saya membantu mempelopori acara seperti 'Proyek Seni Olimpiade' dan menghidupkan kembali ide-ide lama ini untuk generasi baru.”

Pada 2016, Bradstock ditunjuk sebagai Direktur Eksekutif Art of the Olympians (AOTO).

AOTO mendanai program-program yang memenuhi dan mendorong misinya dalam mengembangkan program penjangkauan seni, pendidikan, olahraga, dan budaya.

Sehingga menginspirasi individu – khususnya pemuda dan komunitas mereka – untuk menjunjung tinggi dan memajukan keunggulan dan etika tertinggi kemanusiaan.

Bradstock dijuluki "Olympic Picasso" oleh British Broadcasting Company (BBC) karena idenya menghubungkan olahraga dan seni lukis.

Dia adalah seniman profesional dengan karier cemerlang pada kompetisi internasional cabang lempar lembing, dan pernah mewakili Inggris Raya pada Olimpiade 1984 dan 1988.

Terkenal karena selera humornya untuk meningkatkan kesadaran atletik dan khususnya Olimpiade, Bradstock biasa mengenakan pakaian warna-warni.

Ia terlibat dalam demonstrasi melempar berbagai benda selain lembing seperti bola golf, iPod, telepon, bahkan ikan dalam acara tahunan Flora-Bama Mullet Toss di perbatasan pesisir Florida-Alabama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat