sveosportu.com

Pahlawan Irak U-23 Doakan Indonesia U-23 Lolos Olimpiade

Gelandang serang Timnas U-23 Irak di Piala Asia U-23 2024, Ali Jasim. (Foto: AFC/Grafis: Jovi Arnanda/Skor.id)

- Pahlawan kemenangan Timnas U-23 Irak atas Indonesia U-23, Ali Jasim mendoakan Garuda Muda bisa menyusul, lolos ke Olimpiade 2024.

Timnas U-23 Indonesia kalah 1-2 (hingga babak tambahan) dari Irak U-23 pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5/2024).

Hasil itu membuat Timnas U-23 Irak berhak lolos langsung ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, sedangkan Garuda Muda mesti menjalani laga play-off.

Adapun di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Timnas U-23 Indonesia sempat unggul lebih dulu melalui gol dari Ivar Jenner pada menit ke-19

Namun sebelum turun minum, kedudukan disamakan oleh gol Zaid Tahseen di menit ke-27. Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga waktu normal usai.

Pada babak perpanjangan waktu, Ali Jasim menjadi pahlawan Timnas U-23 Irak karena berhasil mencetak gol usai lepas dari kawalan Justin Hubner.

Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya pemain berusia 20 tahun itu menciptakan gol penting untuk mengantarkan negaranya ke pentas dunia.

Ia juga pernah menciptakan gol penentu kemenangan saat membela Timnas U-20 Irak yang membawa timnya meraih tiket tampil di Piala Dunia U-20.

"Secara pribadi saya selalu ingin mengabdi di Timnas Irak," kata Ali Jasim, seperti dikutip dalam situs resmi AFC.

Irak U-23 vs Indonesia U-23. (Yusuf/)
Irak U-23 vs Indonesia U-23 (Timnas U-23 Indonesia) pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 2 Mei 2024. (Yusuf/)

"Saya bertugas bersama tim muda Irak dan berhasil mencetak gol melawan Iran untuk lolos ke Piala Dunia U-20, dan hari ini saya mencetak gol melawan Indonesia untuk lolos ke Paris."

"Saya ingin bermain dengan tim senior agar bisa lolos ke Piala Dunia di Amerika Serikat," ia menjelaskan.

Lebih lanjut dinilainya bahwa permainan Timnas U-23 Irak di babak pertama tidak lebih baik dibandingkan babak kedua. Beruntung skor bisa disamakan.

"Yang pasti, babak pertama hari ini sangat sulit, tetapi kami berhasil bangkit dan mendapatkan hasil yang bagus," kata Ali Jasim.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih, dia telah mengalami banyak tekanan sepanjang turnamen dan mendapat kritik. Namun dia berhasil membawa kami lolos."

Menariknya, selepas saling hajar di lapangan, Ali Jasim mendoakan Timnas U-23 Indonesia agar bisa menyusul Irak U-23 ke Olimpiade 2024.

Tim asuhan Shin Tae-yong memang masih memiliki kesempatan di play-off antarkonfederasi, yakni menghadapi tim dari Afrika (CAF).

Garuda Muda bakal berhadapan dengan Timnas U-23 Guinea di Stadion Centre National Du Football, Prancis, pada Kamis (9/4/2024).

"Saya (juga) berharap empat tim Asia bisa lolos dan semoga Indonesia U-23 beruntung di Paris melawan Guinea U-23," Ali Jasim memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat