sveosportu.com

Peluang Calvin Verdonk untuk Main Lawan Filipina Tipis

Pemain keturunan Indonesia, Calvin Verdonk.

- Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan belum bisa memastikan nasib pemain keturunan Indonesia, Calvin Verdonk, untuk berlaga di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Seperti diketahui, pada dua laga sisa putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menghadapi Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024). Calvin Verdonk pun diharapkan bisa bermain di laga melawan Filipina.

Keraguan Arya Sinulingga tersebut, karena proses naturalisasi Calvin Verdonk masih panjang untuk menetapkan dirinya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Hal itu diungkapkan Arya Sinulingga setelah acara kerja sama Bocorocco dan PSSI di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (4/6/2026).

"Proses Calvin Verdonk ini masih ada, kami memang kerja keras untuk menyelesaikan semuanya. Tapi waktu kita itu tinggal besok (hari ini) jam 23.59, karena peraturan FIFA pemain yang didaftarkan ini harus masuk satu minggu sebelum pertandingan," ujar Arya Sinulingga.

"Kita coba usahakan semaksimal mungkin, karena prosesnya panjang abis ini ke Presiden dan mengeluarkan surat ke Kemenkumham, setelah itu jalani sumpah (WNI), lalu buat KTP dan paspor, terakhir daftar perpindahan federasi ke FIFA," ia menambahkan.

Sebagain informasi, Calvin Verdonk bersama pemain keturunan lainnya yakni Jens Raven sudah menjalani rapat bersama Komisi X dan III DPR RI.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingg.
Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingg saat membuka acara kerjasama Bocorocco dan PSSI di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (3/6/2024). (Nizar Galang/)

Hasilnya, DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi tersebut. Persetujuan naturalisasi ini telah disepakati dalam sidang Komisi X DPR di Gedung Nusantara I, Jakarta, pada Senin (3/6/2024).

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Calvin Verdonk dan Jens Raven ," kata pimpinan sidang, Hetifah Sjaifudian.

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," ia menambahkan.

Kemudian, saat berlanjut ke Komisi III DPR RI, peserta sidang juga menyetujui permohonan naturalisasi kedua pemain.

Pada rapat pembahasan proses naturalisasi ini, Calvin Verdonk datang langsung untuk menghadap Komisi X DPR RI.

Sementara itu, Jens Raven menghadiri sidang secara virtual, zoom, didampingi oleh tim pelatih Timnas U-20 Indonesia tepatnya Indra Sjafri dan Bima Sakti.

Lebih lanjut, Calvin Verdonk kini sedang berada di Indonesia. Pemain NEC Nijimegen itu juga sempat mengikuti latihan bersama skuad Garuda pada 31 Mei 2024 lalu.

Bergabungnya Calvin Verdonk di Timnas Indonesia tersebut dikabarkan atas permintaan pelatih Shin Tae-yong, untuk memberikan kesempatan beradaptasi dengan tim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat