sveosportu.com

Perdana Dirilis, Ini Ranking FIFA Timnas Futsal Indonesia

Timnas Futsal Indonesia. (Hendy AS/Skor.id)

- FIFA akhirnya secara resmi meluncurkan peringkat dunia futsal versi mereka. Sebelumnya, memang yang diketahui peringkat futsal dunia bukan berasal dari FIFA.

Tentunya, ini menjadi hal baru bagi organisasi tertinggi sepak bola dunia tersebut. Sebelumnya, mereka hanya merilis daftar peringkat dunia Timnas sepak bola putra dan putri. Untuk peringkat dunia sepak bola putra sudah dimulai sejak Desember 1992, sementara sepak bola putri dipaparkan sejak 2003 silam.

Ada hal yang mendasari FIFA akhirnya merilis daftar peringkat dunia untuk Timnas Futsal putra dan putri anggota mereka.

“Permainan dalam ruangan (futsal) telah mengalami pertumbuhan eksponensial dalam beberapa tahun terakhir dan momen tonggak ini mewakili langkah alami berikutnya, serta menjadi pertama kalinya peringkat putra dan putri FIFA diluncurkan secara bersamaan,” tulis FIFA dalam laman resmi mereka, 6 Mei 2024.

Menurut FIFA, ini juga tidak terlepas dari antusiasme masyarakat global yang menyaksikan siaran pertandingan Piala Dunia Futsal 2021 di Lithuania. Ketika itu, rata-rata mampu menarik 2,42 juta penonton per pertandingan. Statistik itu meningkat pesat 130 persen dari edisi sebelumnya pada 2016.

Diperkirakan, Piala Dunia Futsal 2024 yang akan digelar di Uzbekistan juga bakal menyedot animo yang lebih besar lagi. Selain itu, juga akan diadakan pertama kalinya Piala Dunia Futsal Wanita pada 2025.

“Dengan latar belakang ini, FIFA telah meluncurkan peringkat global untuk Tim Nasional Futsal senior wanita dan pria anggota asosiasinya sebagai pengakuan atas perkembangan dinamis dan minat global dalam olahraga itu,” tulis pernyataan FIFA.

Lebih lanjut, FIFA pun menjelaskan sistem perhitungan peringkat yang mereka terapkan untuk futsal. 

Untuk peringkat awal berdasarkan pada statistik yang dikumpulkan lebih dari 4.600 pertandingan level A. FIFA mendefinisikan pertandingan ‘A’ internasional sebagai pertandingan antara dua anggota FIFA di mana kedua anggota menurunkan tim utama mereka (tim A).

Sistem peringkat baru juga akan berfungsi untuk tim unggulan pada semua edisi mendatang Piala Dunia Futsal, termasuk selama pengundian yang baru-baru ini diumumkan untuk edisi 2024 di Uzbekistan.

Sistem ini juga akan digunakan untuk proses kualifikasi dan memungkinkan data yang komprehensif dan konsisten dikumpulkan untuk memantau asosiasi anggota sesuai dengan peraturan FIFA yang mengatur pertandingan internasional. Itu akan mendukung pencegahan praktik yang membahayakan integritas olahraga, seperti manipulasi pertandingan.

Lantas, ada di posisi berapa peringkat FIFA Timnas Futsal Putra dan Putri Indonesia?

Berdasarkan data yang dirilis per 6 Mei 2024, bisa dibilang Timnas Futsal Indonesia masuk jajaran elite dunia.

Tercatat, untuk Timnas Futsal Putra Indonesia menempati posisi ke-28 dunia dengan raihan poin 1142.48. Untuk level ASEAN, Indonesia hanya kalah dari Thailand yang saat ini menembus peringkat sembilan dunia dengan 1316.27 poin.

Sedangkan secara keseluruhan di Asia, Indonesia berada di posisi kelima di bawah Kazakhstan (8), Thailand (9), Uzbekistan (11), dan Jepang (15).

Sementara untuk Timnas Futsal Putri Indonesia, berada di posisi ke-14 dunia dengan 1057.12 poin. Untuk level Asia, di kategori putri, Indonesia juga berada di posisi kelima di bawah Thailand (6), Iran (8), Jepang (9), dan Vietnam (13).

Untuk posisi pertama dunia baik putra dan putri ditempati Brasil. Itu tidak terlepas dari prestasi mereka di Piala Dunia Futsal. Untuk tim putra, Brasil tercatat sudah berhasil menjuarai lima kali Piala Dunia Futsal.

Sedangkan tim putri Brasil tercatat sudah menjuarai tujuh kejuaraan di Amerika Selatan.

Untuk melihat daftar lengkap peringkat futsal dunia putra dan putri FIFA bisa mengeklik link ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat