sveosportu.com

Persija Resmi Tunjuk Carlos Pena sebagai Pelatih Kepala

pelatih persija carlos pena

- Terjawab sudah siapa suksesor Thomas Doll di kursi pelatih kepala Persija Jakarta. Dia adalah Carlos Pena, juru taktik berkebangsaan Spanyol.

Para penggemar Macan Kemayoran mungkin pernah melihat secara langsung sosok pelatih baru mereka ini di masa lalu. 

Ya, Carlos Pena ikut mendampingi Ratchaburi FC dalam laga persahabatan melawan Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabagha, Juni tahun lalu.

Kini, pria berusia 40 tahun itu akan rutin berdiri di bench pemain Persija, setidaknya satu musim ke depan. Carlos Pena siap memimpin Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 2024-2025.

"Persija adalah klub yang sangat besar dengan suporter yang luar biasa. Mereka memiliki target yang ambisius," ujar Carlos Pena, dikutip dari rilis resmi klub.

"Saya ingin melanjutkan perjalanan saya sebagai pelatih di klub besar seperti Persija. Saya bertekad membantu perkembangan klub dan para pemainnya," sosok berlisensi UEFA Pro itu menambahkan.

Karier kepelatihan Carlos Pena sebenarnya belum lama. 

Dia baru beralih menjadi juru taktik pada 2021, awalnya sebagai asisten di klub kasta keempat Liga Spanyol, Lleida Esportiu, lalu direkrut Albacete untuk menangani tim U-19.

Pada April 2022, pria kelahiran Salamanca, Spanyol, ini mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai pelatih kepala, yakni bersama klub India, FC Goa.

Bukan hal mengejutkan, mengingat Carlos Pena mengakhiri perjalanannya sebagai pesepak bola profesional di klub tersebut. 

Carlos bertahan selama satu musim sebelum menerima pinangan Ratchaburi FC pada Juni 2023.

Rapor sang pelatih di Thai League 1 musim lalu lumayan impresif. Jebolan akademi Barcelona itu mampu membawa Ratchaburi FC finis di peringkat keenam, dengan rasio kemenangan 36,6 persen.

Carlos Pena juga mengantar The Dragons ke perempat final Piala Liga Thailand 2023-2024, sebelum disingkirkan BG Pathum United yang kemudian menjadi juara.

Berbekal pengalaman tersebut, sosok yang pernah merumput di LaLiga Spanyol bersama Real Valladolid ini siap mengangkat performa Persija Jakarta sepeninggal Thomas Doll.

Carlos Pena akan mulai mengevaluasi skuad Macan Kemayoran dan mencatat siapa saja yang dipertahankan buat Liga 1 musim depan.

Setelah itu, dia akan mulai bekerja sama dengan manajemen untuk mendatangkan amunisi baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat