sveosportu.com

Tim Voli Putra Ditarget Tembus Top 6 AVC Challenge Cup 2024

Pelepasan Tim Voli Putra Indonesia AVC Challenge Cup 2024

– Tim Voli Putra U-20 Indonesia dibebani target masuk enam besar pada turnamen AVC Challenge Cup 2024 yang akan berlangsung di Bahrain, 2-9 Juni mendatang. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), Komjen Pol (Purn.) Drs. Imam Sudjarwo M.Si, dalam sambutannya saat pelepasan tim di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Kamis (30/5/2024).           

Untuk menghadapi AVC Challenge Cup di Isa Town, Bahrain, kali ini, Skuad Garuda diperkuat para pemain usia muda. Indonesia berada satu grup dengan Korea Selatan (Korsel) dan Qatar di Pul C.

“Bila dapat menandingi kedua tim, Korsel dan Qatar, maka peluang memperbaiki peringkat seniornya di tahun 2023 terbuka lebar,” Imam Sudjarwo menuturkan.

Orang nomor satu di PBVSI tersebut mengaku optimistis para pevoli muda yang dipanggil bakal berusaha seoptimal mungkin untuk bisa mempersembahkan prestasi yang terbaik di Bahrain nanti.

Menurut Imam, tampil di Bahrain dijadikan program antara menuju AVC Challenge for Men’s U-20 yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada 23-30 Juli 2024.

Dengan waktu yang cukup dan pengalaman bertanding yang didapat nanti, diharapkan Timnas U-20 yang turun dalam AVC Challenge Cup di Bahrain akan mampu menembus semifinal di Surabaya.

“Bila masuk semifinal di Surabaya nantinya, timnas U-20 ini bisa tampil di Kejuaraan Dunia U-21 pada 2025. Tampilkan yang terbaik, harus berani menghadapi lawan. Jangan kendor sebelum bertanding,” kata Imam.  

Ia juga mengimbau agar para pemain junior tak mengingat hasil pertandingan sebelumnya saat diturunkan di Proliga 2024. Materi untuk AVC di Bahrain mayoritas memang diisi pevoli yang tampil di Garuda Jaya. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Pembinaan Prestasi PBVSI, Loudryans Arison Maspaitella, mengatakan tim U-20, yang tergabung di Garuda Jaya jumlahnya 18 pevoli plus satu pemain asing, turun di Proliga sebagai ajang uji coba.  

Dari 14 nama yang dikirim PBVSI ke Bahrain, sembilan di antaranya adalah pemain yang membela Garuda Jaya. “Selebihnya pemain muda yang memperkuat timnya masing-masing di Proliga,” kata Loudry.

Menurut Loudry, yang juga menjabat sebagai manajer tim, bertanding di AVC Challenge Cup 2024 tentunya merupakan pelajaran berharga sebelum dipersiapkan untuk kejuaraan voli U-20 di Surabaya.

Untuk itu, Loudry Maspaitella sangat berharap Tim Voli Putra U-20 Indonesia mampu lolos dari fase grup melawan Korsel pada 2 Juni sebelum menghadapi Qatar dua hari kemudian.

Daftar Roster Tim Voli Putra Indonesia untuk AVC Challenge Cup 2024:

1 Mohammad Fahril Setiawan (setter)
2 I Ketut Yudi Aditya Riski (outside hitter)
3 M Ega Yuri Pradana (middle blocker)
4 Darda Mulya Muhammad (middle blocker)
5 Rangga Dwi Hatmojo (outside hitter)
6 Putrada Tri Nugroho (middle blocker)
7 Raihan Rizky Attorif (libero)
8 Krisna (outside hitter)
9 Rama Fazza Fauzan (opposite hitter)
10 Agustino (middle blocker)
11 Muhamad Reyhan (libero)
12 Yohanes Dedi Prasasti (outside hitter)
13 Fauzan Nibras (opposite hitter)
14 Muhamad Gani Loveano Helmi (setter, captain)

Ofisial

Manajer: Loudryans Arison Maspaitella
Kepala Pelatih: Joni Sugiyanto
Asisten Pelatih 1: Anwar Sadat
Asisten Pelatih 2: Miko Fajar Bramantyo
Fisioterapis: Taufik Adiguna
Wasit: Indra Muflih

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat